PT Jasa Marga Raih Peringkat Stabil

IN
Oleh inilahcom
Jumat 24 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) dan obligasi XIV seri JM-10 tahun 2010 meraih peringkat AA dari PT Pefindo dengan prospek stabil.

Obligor dengan peringkat AA memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif dibandingkan obligor Indonesia lainnya.

Pefindo menyatakan, peringkat ini mencerminkan dukungan yang kuat dari pemerintah untuk menyelesaikan proyek jalan tol, posisi dominan Jasa Marga di dalam industri jalan tol, pertumbuhan pendapatan tol yang stabil yang didorong oleh penyesuasian tarif dengan profitabilitas yang kuat, serta fleksibilitas keuangan yang kuat.

"Namun, peringkat dibatasi oleh struktur permodalan yang masih agresif dalam jangka pendek dan menengah, serta risiko bisnis terkait dengan pembangunan ruas tol baru," papar Pefindo dalam keterangannya.

Pefindo membuka peluang untuk menaikkan peringkat jika jalan tol baru milik perseroan beroperasi dengan lancar dan sesuai jadwal, serta terbukti konsisten menarik volume arus lalu lintas tinggi, dengan struktur permodalan perusahaan yang membaik.

Peringkat juga dapat diturunkan jika struktur permodalan perusahaan yang agresif tidak diimbangi dengan peningkatan kinerja bisnis, yang dapat melemahkan proteksi asurs kasnya.

Saat ini, Jasa Marga adalah pemilik 13 konsesi jalan tol lama, dan 4 ruas tol beroperasi sebagian. Jasa Marga tengah memeroses akuisisi dan konstruksi atas lima ruas jalan tol di entitas anak, seperti Cengkareng-KUnciran, Serpong-Cinere, Jakarta-Cikampek II Selatan, Manado-Bitung, dan Probolinggo-Banyuwangi).[tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA