Jokowi Buka Runway III Bandara Soetta Karya PTPP

IH
Oleh Indra Hendriana
Jumat 24 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Proyek Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) berhasil diselesaikan PT PP (Persero) Tbk di akhir 2029. Proyek ini pun diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan selesainya pembangunan Runway 3 ini, diharapkan jadi solusi kepadatan lalulintas pesawat. Sebab, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebelumnya hanya punya 2 Runway. Hal tersebut membuat Bandara Internasional terbesar dan tersibuk di Indonesia.

"Dengan dibangunnya Runway 3 yang juga berlokasi di Utara diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat di Bandara," kata Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat dalam siaran resmi, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dengan beroperasinya runway 3 tersebut,maka Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat menambah pelayanan kapasitas penerbangan pesawat. Yakni menjadi 120 penerbangan per jam dari sebelumnya hanya 81 penerbangan per jam dengan 2 runway.

"Pembangunan infrastruktur Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta turut mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor bandara udara serta industri penerbangan di Indonesia. Selain itu, dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional," ujar dia.

Proyek pembangunan Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dimiliki oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Memiliki masa pelaksanaan pekerjaan selama 21 bulan terhitung sejak Mei 2018.

Proyek yang sebelumnya ditargetkan selesai pada bulan Februari 2020 tersebut dapat diselesaikan PTPP lebih cepat di Desember 2019. Proyek yang berlokasi di Tangerang, Banten ini, memiliki total kontrak Rp1,33 triliun. [ipe]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA