Bursa Eropa di Jalur Positif Respon Sikap WHO

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Jumat 24 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa diperkirakan dalam tren lebih tinggi pada hari Jumat (24/1/2020) setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan coronavirus Cina yang mematikan belum menjadi "darurat global".

FTSE 100 Inggris terlihat sekitar 51 poin lebih tinggi pada 7.559. Indeks DAX Jerman akan naik sekitar 115 poin menjadi 13.503. Indeks CAC 40 Prancis diperkirakan akan naik sekitar 43 poin menjadi 6.015, menurut data IG seperti mengutip cnbc.com.

Menyusul pekan panas terik untuk saham-saham di belakang kekhawatiran atas penyebaran virus corona baru, yang telah menewaskan 25 orang di China dan menginfeksi lebih dari 800 orang, investor ekuitas tampaknya mengambil sedikit hati dari keengganan WHO untuk menyatakan epidemi internasional perhatian.

Saham-saham di Asia naik tipis pada hari Jumat, dengan indeks MSCI Asia ex-Jepang naik 0,13%. Sementara Nikkei Jepang juga menambahkan 0,13%.

Kembali di Eropa, investor mencerna peluncuran tinjauan kebijakan utama Bank Sentral Eropa pada hari Kamis. Bank sentral akan menilai perhitungan dan kelayakan target inflasi utama bank sentral dan metode yang digunakan untuk mencapainya.

Euro dan hasil bund Jerman merosot pada hari Kamis setelah Presiden ECB Christine Lagarde memukul nada yang sedikit lebih dovish daripada yang diharapkan pasar dalam konferensi pers, setelah ECB meninggalkan kebijakan moneter tidak berubah pada pertemuan pertama 2020.

Dalam berita perusahaan, regulator kompetisi AS sedang meneliti pengambilalihan yang diusulkan Takeaway.com dari saingannya Just Eat, yang dapat menunda finalisasi kesepakatan untuk menciptakan salah satu perusahaan pengiriman takeout terbesar di dunia, menurut Reuters.

Perusahaan media Jerman Axel Springer mengungkapkan pada hari Kamis bahwa ia berencana untuk menghapuskan daftar dari Bursa Efek Frankfurt setelah diambil alih oleh perusahaan ekuitas swasta AS, KKR.

Penghasilan tetap dalam agenda, dengan raksasa telekomunikasi Swedia Ericsson menaikkan dividen setahun penuh sebelum bel pada hari Jumat, dan melaporkan laba bersih kuartalan 4,43 miliar kroner Swedia ($ 465 juta) dibandingkan dengan kerugian 6,55 miliar kroner pada periode yang sama lalu tahun.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA