Semua Desa di Aceh Sudah Tersambung Listrik

IH
Oleh Indra Hendriana
Jumat 24 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Aceh - PLN berhasil melistriki seluruh desa di wilayah Provinsi Aceh. Hal ini ditandai dengan penyalaan listrik di Desa Suka Makmur, Kabupaten Aceh Singkil sebagai desa terakhir yang dinyalakan pada 23 Januari 2020.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto menyatakan bahwa Provinsi Aceh merupakan provinsi pertama di pulau Sumatera yang desanya telah teraliri listrik 100 persen.

"Capaian ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga dukungan dari semua pemangku kepentingan yang ada di Aceh, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Aceh, Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung PLN dalam mencapai listrik desa 100 persen di provinsi ini," kata Wiluyo dalam acara peresmian 100% Desa Berlistrik di Aceh, Jumat (24/1/2020).

PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh telah menyelesaikan pembangunan listrik desa sebanyak 6.497 desa yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh pada tahun 2019.

Target PLN pada tahun 2020 akan masuk lebih dalam lagi hingga ke dusun-dusun. Adapun total beban puncak PLN UIW Aceh saat ini sebesar 448.43 MW di mana beban Grid yang di pasok dari sistim 150 kV sebesar 431.9 MW yang bersumber melalui PLTU Nagan Raya, PLTMG Arun, PLTD maka Aceh memiliki cadangan energi (Surplus) sebesar 75 MW sehingga sistim kelistrikan di Aceh dalam kondisi cukup aman.

PLN siap menyediakan energi listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk masyarakat dan kalangan dunia usaha yang ada di Aceh termasuk kepada usaha-usaha yang akan dijalankan oleh para investor.

"Kami berharap Pemerintah Aceh untuk dapat terus mengundang investor berinvestasi di Aceh dan PLN siap untuk menyiapkan ketersediaan energi listrik kepada sektor-sektor yang akan diinvestasikan," ujar Wiluyo.

Terkait kesiapan PLN, Pemerintah Aceh siap memberikan dukungan dalam meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana yang ada dalam menunjang ketersediaan energi listrik di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa tersebut.

Dalam acara peresmian Desa Berlistrik 100% di Aceh, PLN juga menggelar Program One Man One Hope (OMOH), yang merupakan gerakan sosial berupa penggalangan dana sukarela dari Pegawai PLN dan Anak Perusahaan untuk memberikan harapan kepada keluarga yang ingin menikmati listrik namun tidak mampu membayar biaya pasang.

Program OMOH PLN UIW Aceh berhasil mengumpulkan sebanyak Rp364 juta atau bisa menyambung sebanyak 485 pelanggan yang tersebar di seluruh Aceh. Diharapkan program ini dapat membantu masyarakat kurang mampu yang belum menikmati listrik, dapat segera mendapatkan listrik.[jat]

# TAG
PLN

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA