Ini Langkah Bea Cukai Cikarang Maksimalkan KBM

IN
Oleh inilahcom
Jumat 24 Januari 2020
share
(Foto: Humas BeaCukai)

INILAHCOM, Bekasi - Bea Cukai Cikarang mengunjungi salah satu penerima fasilitas Kawasan Berikat Mandiri (KBM), PT Samsung Electronics Indonesia (PT Samsung), dalam rangka monitoring dan evaluasi fasilitas KBM.

"Kami menyambut baik fasilitas ini karena memberikan benefit bagi perusahaan. Fasilitas KBM PT Samsung sudah berjalan selama satu bulan dan untuk memaksimalkan fasilitas yang diberikan, PT Samsung membentuk tim khusus monitoring kawasan berikat mandiri," jelas Manager Exim PT Samsung, Andi Rahardian, kemarin.

Menurut Kepala Seksi Administrasi Manifest Bea Cukai Cikarang, sekaligus Wakil Ketua Tim KBM, Suryawan Prihatin, tim monitoring KBM PT Samsung melakukan pertemuan untuk mendiskusikan kendala dan aspirasi mengenai implementasi KBM. "Kami berharap dengan adanya kunjungan ini, permasalahan yang menghambat penerapan KBM dapat terjawab dan fasilitas tersebut dapat dimaksimalkan untuk mewujudkan tujuan KBM, yaitu dapat menciptakan iklim usaha sekaligus menstimulus kegiatan ekspor," ujarnya.

Pemanfaatan fasilitas KBM ini, lanjut Suryawan, dipercaya akan dapat memberikan manfaat bagi berbagai pihak. Bagi perusahaan, KBM akan menumbuhkan kepastian dan kecepatan berusaha, layanan pemasukan dan pengeluaran barang cepat tanpa tergantung keberadaan petugas, dan efisiensi biaya-biaya yang tidak perlu akibat menunggu proses layanan.

"Bagi Bea Cukai, kawasan berikat mandi KBM akan memberikan manfaat berupa efisiensi pendayagunaan sumber daya manusia untuk pelayanan dan pengawasan, efisiensi anggaran untuk pelayanan, dan meningkatkan citra bea cukai di mata para pelaku usaha. Sementara bagi Indonesia, KBM juga akan berkontribusi positif terhadap peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB), dan meningkatkan investasi serta ekspor," pungkasnya. [*]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA