Hasto Klaim Buronan KPK Harun Masiku Cuma Korban

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Jumat 24 Januari 2020
share
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto

INILAHCOM, Jakarta - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto ngotot menilai bahwa tersangka suap Harun Masiku yang kini masih buron, merupakan korban.

Hal itu disampaikan Hasto usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat (24/1/2020).

"Ya tim hukum Kami menghimbau untuk bersikap kooperatif tidak perlu takut karena dari seluruh konstruksi hukum yang dilakukan oleh tim hukum kami beliau (Harun) menjadi korban karena tindak penyalahgunaan kekuasaan itu," kata Hasto di KPK.

Hasto menilai pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI itu persoalan sederhana. Apalagi MA sudah memutuskan bahwa hal ini menjadi wewenang partai untuk memilih kader pengganti.

"Saudara Harun memiliki hak untuk dinyatakan sebagai calon anggota legislatif terpilih setelah pelaksanaan keputusan MA dan MK tersebut, hanya ini ada pihak yang menghalang-halangi," kata Hasto.

KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPR RI. Empat tersangka tersebut yakni, mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (WSE), mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina (ATF).

Kemudian, Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Harun Masiku (HAR) dan pihak swasta, Saeful (SAE). Wahyu dan Agustiani ditetapkan sebagai pihak penerima suap. Sedangkan Harun dan Saeful merupakan pihak yang memberikan suap. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA