Mahfud MD : Kita Tidak Mau Terjebak

IN
Oleh inilahcom
Minggu 26 Januari 2020
share
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, tegaskan menolak tawaran Amerika Serikat (AS).

Mahfud lakukan itu, saat Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr menawarkan kerjasama guna menyelesaikan konflik Natuna. Alasannya, tak ingin membawa Indonesia terjebak perang proxy.

"AS kemarin datang, mereka tanya soal laut Cina Selatan. Saya bilang apa yang perlu dikerjasamakan. Tidak perlu. Kalau kami nanti kerja sama dengan Amerika, bisa perang. Kita tidak mau terjebak dengan perang proxy," kata Mahfud di Gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (25/1/2020).

Mahfud MD, memastikan sudah menyampaikan kepada Kedutaan Besar Tiongkok saat persoalan perairan Natuna memanas beberapa waktu lalu, bahwa Indonesia tak ingin bernegosiasi soal Laut Natuna.

Pasalnya, kawasan tersebut wilayah Indonesia, sesuai zona ekslusif ekonomi (ZEE) yang telah ditetapkan hukum intrenasional.

"Indonesia tidak pernah berperkara. Karena kita tidak menganggap Tiongkok itu punya hak di perairan kita. Kalau melakukan dagang, langsung usir saja," tegasnya. [wll]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA