PT Smartfren Jamin Utang PT Smart Telecom

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 27 Januari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) memberikan corporate guarante kepada PT Smart Telecom untuk fasilitas utang dari China Development Bank Shenzhen Branch.

Utang tersebut senilai 1,58 miliar RMB untuk jangka waktu enam tahun. PT Smartel dan anak usaha perseroan lainnya akan menggunakan dana tersebut untuk pembiayaan belanja modal pengembangan jaringan telekomunikasi.

Perjanjian penjaminan utang disepakati pada 21 Januari 2020. PT Smartel merupakan anak usaha FREN dengan kepemilikan 99%. Demikian mengutip keterbukaan informasi di BEI, akhir pekan lalu.

Saat ini saham FREN di Rp123 per saham.

PT Smartfren Telecom Tbk (dahulu PT Mobile-8 Telecom Tbk) (FREN) didirikan tanggal 02 Desember 2002 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tanggal 08 Desember 2003.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Smartfren Telecom Tbk, yaitu: PT Global Nusa Data (42,37%), PT Wahana Inti Nusantara (23,54%) dan PT Bali Media Telekomunikasi (15,61%). Saham publik seri A sebesar 0,4%, seri B sebesar 0,5% dan seri C sebesar 17,4%.

FREN tergabung dalam kelompok usaha Sinarmas. Entitas yang mewakili Sinarmas Grup adalah PT Gerbangmas Tunggal Sejahtera.

Kegiatan bisnis FREN adalah melakukan kegiatan usaha dalam bidang telekomunikasi yang meliputi: 1. Penyelenggara jaringan dan jasa telekomunikasi; 2. Menawarkan jasa telekomunikasi di dalam wilayah Indonesia.

3. Menyediakan berbagai produk multimedia dan jasa terkait lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada penjualan secara langsung maupun tidak langsung voice services, data/image dan jasa-jasa komersial mobile lainnya.

4. Merencanakan, mengadakan, merekayasa, membangun, menyediakan, mengelola, mengembangkan, memiliki dan mengoperasikan, menyewa, menyewakan, serta memelihara sarana/fasilitas dan jaringan termasuk sumber daya untuk mendukung kegiatan usaha Perseroan dalam penyelenggaraan jaringan telekomunikasi, jasa telekomunikasi serta informatika dan/atau jasa teknologi konvergensi yang senantiasa menyesuaikan era dan kebutuhan.

5. Memperdagangkan, mendistribusikan dan layanan purna atas barang-barang, perangkat-perangkat dan/atau produk-produk telekomunikasi; 6. Menawarkan jasa penyimpanan uang elektronik (e-money) baik dengan media kartu pra-bayar maupun kartu pasca bayar; dan 7. Menawarkan jasa pembayaran dan/atau pengiriman uang dalam negeri dan luar negeri.

Pada tanggal 15 Nopember 2006, FREN memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham FREN (IPO) kepada masyarakat sebanyak 3.900.000.000 dengan nilai nominal Rp100 per saham dengan harga penawaran Rp225 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 Nopember 2006.

Saat ini saham FREN di Rp124 per saham.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA