Singapura Cemaskan Dampak Virus Corona

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Senin 27 Januari 2020
share
 

INILAHCOM, Singapura - Pemerintah Singapura mengatakan wabah koronavirus akan merugikan ekonominya tahun ini.

Untuk itu negara kota ini telah mengumumkan langkah-langkah baru untuk mengatasi penyakit yang berasal dari China dan telah menyebar ke negara-kota dan beberapa negara lain.

Pusat perjalanan dan pariwisata Asia Tenggara, yang mencatat tingkat pertumbuhan terendah dalam satu dekade tahun lalu sebesar 0,7%, telah melaporkan empat kasus virus corona yang telah menewaskan 80 orang di China sampai saat ini.

"Kami tentu berharap akan ada dampak pada ekonomi, bisnis, dan kepercayaan konsumen kami tahun ini terutama karena situasinya diperkirakan akan bertahan untuk beberapa waktu," kata menteri perdagangan Chan Chun Sing seperti mengutip cnbc.com.

Pemerintah sedang mempertimbangkan langkah-langkah dukungan untuk sektor-sektor yang terpukul keras seperti pariwisata yang dapat mencakup pajak properti, potongan harga dan pemotongan retribusi pekerja, tambahnya.

Warga negara China merupakan bagian terbesar dari pengunjung ke Singapura, salah satu negara yang paling terpukul di luar Tiongkok dalam wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) tahun 2003 yang menewaskan 800 orang di seluruh dunia.

Singapura saat ini memperkirakan pertumbuhan dalam kisaran 0,5-2,5% tahun ini.

Chan adalah bagian dari gugus tugas pemerintah yang dibentuk untuk menangani penyebaran coronavirus di Singapura.

Gugus tugas itu juga mengumumkan langkah-langkah baru pada hari Senin untuk menghentikan penyebaran virus, termasuk mendesak semua siswa sekolah dan staf dengan sejarah perjalanan baru-baru ini ke China untuk tinggal di rumah selama dua pekan.

Keluarga-keluarga di Singapura, banyak di antaranya adalah etnis Tionghoa dan memiliki kerabat di China daratan, saat ini bepergian untuk liburan Tahun Baru Imlek.

Ia juga mengeluarkan penasehat baru bagi para pelancong untuk menunda semua perjalanan yang tidak penting ke daratan China dan mengatakan akan memulai pemeriksaan suhu semua penerbangan masuk ke Singapura.

Korban jiwa di China dari virus korona bertambah menjadi 80 pada hari Senin ketika penduduk provinsi Hubei, tempat asal penyakit ini, dilarang memasuki Hong Kong di tengah upaya global untuk menghentikan penyebaran wabah yang cepat.

Virus sejauh ini telah menyebar ke lebih dari 10 negara termasuk Amerika Serikat, Jepang dan Prancis.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA