Antisipasi 2019-nCoV, Kemenkes Gandeng TNI

IN
Oleh inilahcom
Selasa 28 Januari 2020
share
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihartono - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihartono mengatakan Menteri Kesehatan, dr Terawan Agus Putranto sudah meminta bantuan Kepala Staf Angkatan dari tiga matra TNI terkait masuknya warga dari luar negeri ke Indonesia guna mengantisipasi masuknya 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau lebih dikenal dengan nama Virus Corona di Indonesia.

"Tadi pagi Bapak Menteri Kesehatan (dr Terawan) memimpin rapat internal apa-apa yang harus kita lakukan untuk memastikan Indonesia negara yang siap melakukan pengendalian dan pencegahan. Dan Pak Menteri inteventaris ulang dan menghubungi Kepala Staf Angkatan untuk apabila antisipasi ke depan," katanya di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Kemenkes meminta bantuan berupa penyiagan personel apabila diperlukan dalam kegiatan pencegahan dan pengendalian itu. Pihaknya sendiri diketahui melakukan pencegahan mulai dari memeriksa penumpang pesawat dan kapal internasional sebelum mereka turun, kemudian pemeriksaan di pintu masuk kedatangan dengan thermal scanner, sampai menyediakan 20 pil evakuasi guna membawa seseorang yang mengalami indikasi terkena virus corana ke Rumah Sakit.

"Beliau hanya mengatakan siapkan personel apabila diperlukan untuk kegiatan pencegahan dan pengendalian," katanya.

Ia mengaku, Kemenkes juga juga melakukan koordinasi dengan kementerian lain. Semisal Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata. Dengan Kemenlu, pihaknya berkoordinasi soal langkah evakuasi Warga Negara Indonesia yang masih terjebak di Tiongkok. Kemudian juga ada penghentian penerbangan dari Tiongkok ke Bali setelah koordinasi dengan Kemenhub serta peningkatan kewaspadaan di bandara dan pelabuhanm

"Meski sudah kami diskusikan (dengan) Bapak Menhub (dan Menteri) Pariwisata, sampai saat ini belum ada travel bad," tandasnya. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA