Wabah Virus Corona

Enam Mahasiswa UN Malang Diisolasi di China

IN
Oleh inilahcom
Selasa 28 Januari 2020
share
(Foto: beritajatim)

INILAH.COM, Malang - Wabah virus corona menjadi momok menakutkan bagi Dunia. Virus asal China ini membuat beberapa kota menerapkan status isolasi bagi warganya termasuk warga negara asing asal Indonesia yang sedang bekerja maupun kuliah.

Dari Malang, ada enam mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang menempuh kuliah S1 di Guangxi Normal University, di Guillin, China. Mereka saat ini diisolasi di ruang asrama milik kampus setempat. Isolasi bertujuan untuk mencegah agar tidak terjangkit virus corona.

Direktur Kantor Hubungan Internasional UM, Evi Eliyanah mengungkapkan jarak Guillin dengan Wuhan memang lumayan jauh. Namun status disana sudah siaga satu. Pihaknya pun telah berkomunikasi dengan enam mahasiswa jurusan bahasa mandarin itu agar tidak panik.

"Mereka di isolasi di asrama kampus di sana. Karena meskipun jauh dari Wuhan, statusnya disana sudah siaga satu. Kami sudah komunikasi (ngobrol) dengan mereka agar tidak panik," kata Evi, Selasa, (28/1/2020).

Evi mengatakan, ke enam mahasiswa ini kurang satu tahun belajar di sana. Pada bulan ini seharusnya sudah masuk semester baru. Pihak kampus belum memutuskan membawa pulang enam mahasiswa itu, sebelum benar-benar dinyatakan steril dari virus corona.

"Karena takutnya seperti yang di Perancis, jadi mereka pulang tapi ternyata malah menginfeksi. Kita mengambil langkah yang resikonya paling rendah terlebih dahulu," tandasnya. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA