Bursa Saham Eropa Coba Tembus Area Positif

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Selasa 28 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada hari Selasa (28/1/2020) karena investor memantau perkembangan yang berkaitan dengan virus corona China, setelah pasar global anjlok pada hari Senin.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 naik 0,35% pada awal perdagangan. Indeks FTSE naik 0,1%, indeks DAX turun 0,1%, indeks CAC cenderung naik 0,08%. Untuk industri menambahkan 0,8% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama memulai sesi di wilayah positif seperti mengutip cnbc.com.

Pasar menunjukkan beberapa tanda stabilisasi setelah Stoxx 600 turun 2,3% pada hari Senin, dengan sekitar 180 miliar euro nilai pasar terhapuskan.

Saham-saham di seluruh dunia menderita kerugian besar setelah korban jiwa dan tingkat insiden dari coronavirus Wuhan meningkat selama akhir pekan. Hingga Selasa pagi, otoritas kesehatan China telah mengkonfirmasi bahwa 106 orang telah meninggal dengan 4.515 sekarang terinfeksi, dengan kasus yang dilaporkan di beberapa negara di dunia.

Saham-saham di Asia mundur pada Selasa sore, dengan Kospi Korea Selatan jatuh 3,2% sementara indeks Straits Times Singapura turun 2,59%. Pasar di China dan Hong Kong ditutup untuk liburan Tahun Baru Imlek yang berkepanjangan.

Di Amerika pada hari Senin, Dow Jones Industrial Average mengalami hari terburuk sejak Oktober dan jatuh ke wilayah negatif untuk tahun ini, sementara imbal hasil Treasury 10-tahun AS mencapai level terendah tiga bulan karena investor berbondong-bondong ke aset safe-haven tradisional.

Kembali di Eropa, Brexit kembali fokus dengan Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada hari Jumat, memulai periode transisi di mana kedua belah pihak bekerja menuju target ambisius untuk menyetujui perjanjian perdagangan bebas baru tahun ini.

Ketua perunding Uni Eropa, Michel Barnier memperingatkan Inggris pada hari Senin bahwa blok itu akan "tidak pernah, tidak pernah, tidak pernah" berkompromi pada pasar tunggal, menuduh Inggris meremehkan biaya kepergian.

Dalam berita perusahaan, dewan Renault dijadwalkan bertemu Selasa untuk menyetujui penunjukan mantan bos Kursi Luca de Meo sebagai CEO berikutnya, menurut surat kabar Le Figaro.
Saham bergerak

Penghasilan menjadi fokus, dengan perusahaan teknologi paling bernilai di Eropa SAP pada hari Selasa meningkatkan prospek pendapatan dan laba dan melaporkan peningkatan laba bersih kuartal keempat. Reaksi pasar diredam, dengan saham SAP tergelincir 1,6% pada awal perdagangan.

Meskipun tidak ada penurunan besar, saham Bankia juga turun 1,6% setelah pemberi pinjaman Spanyol membukukan kerugian kuartal keempat 34 juta euro (US$37,5 juta).

Di puncak tolok ukur Eropa, Swedbank naik 4% setelah melaporkan laba kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan sebelum bel, yang kedua setelah penyedia layanan perusahaan Prancis Edenred yang menambahkan 4,6%.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA