Bos PLN Sebut B100 Bikin Mesin PLTD Berkerak

IH
Oleh Indra Hendriana
Selasa 28 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengungkapkan, PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) tidak bisa memakai atau mengkonsumsi biodiesel hingga 100% atau B100.

Kata dia, apabila PLTD dipaksakan memakai B100, diyakininya akan membuat kerusakan pada mesin. Hal ini berdasarkan temuan dari lapangan. Apabila PLTD mengkonsumsi B100, terjadi kerak pada mesin. "Penggunaan CPO 100 persen (B100) akan menimbulkan kerak pada mesin dan berpotensi merusahak komponen dari mesin PLTD," kata Zulkifli dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Bahkan, kata dia, pemakaian B100 membuat emisi lebih besar satu setengah hingga dua kali lipat. Ini karena PLTD tidak cocok pakai B100. Dengan demikian, dia mengusulkan rencana penggunaan B100 digunakan pada mesin pembangkit yang memang khusus bahan bakar nabati agar tak ada kerusakan. "Mohon izin, sebaiknya rencana penggunaan CPO ini diterapkan pada mesin diesel yang memang didesain untuk menggunakan bahan bakar nabati," ujar dia.

Dia mencatat, sejak pemerintah memberikan mandatori penggunaan B20 dan B30 pada pembangkit listrik PLN, konsumsinya meningkat. Sepanjang tahun konsumsinya naik 1,3 kali lipat dibandingkan konsumsi 2018. Upaya penggunaan CPO dalam pembangkit listrik agar impor BBM bisa ditekan. [ipe]





# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA