Jurus Petrokimia Gresik Kerek Pupuk Non-Subsidi

IH
Oleh Indra Hendriana
Rabu 29 Januari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) menandatangani Perjanjian Kerja Sama distributor financing (DF) non-subsidi retail dengan Bank BRI. Ini merupakan dukungan K3PG pada pasar komersil.

"Kerja sama ini merupakan wujud dukungan K3PG selaku distributor utama pupuk nonton subsidi retail Petrokimia Gresik terhadap program transformasi bisnis Petrokimia Gresik (TBPG) dalam memperkuat pasar komersial di sektor retail," kata Pengurus K3PG Rohmad, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Melalui kerja sama ini, dia optimistis K3PG bakal mendongkrak penjualan pupuk nonton subsidi di tahun 2020. Pasalnya K3PG dapat fasilitas DF sebesar Rp 25 miliar. Nah sebagai upaya pengoptimalan pemanfaatan DF, kata dia, pihaknya sudah menunjuk sejumlah distributor. "8 distributor bintang lima itu di wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan 10 distributor di Sumatera Utara dan Aceh," ujar dia.

Sebagai informasi, K3PG dipercaya menjadi distributor utama pupuk non subsidi retail Petrokimia Gresik sejak 5 April 2019 lalu. Nah wilayah cakupannya antara lain, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara dan Aceh.

Adapun penebusan pupuk non subsidi yang telah dilakukan K3PG periode Mei sampai Desember 2019 sebesar 14.251 ton atau senilai Rp89,1 miliar. Sedangkan realisasi penyalurannya kepada petani di periode yang sama mencapai 11.797 ton atau sebesar Rp76,7 miliar.

Sementara itu, Drektur Pemasaran Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih menyampaikan saat ini Petrokimia Gresik yang merupakan anggota holding Pupuk Indonesia sedang menjalankan program TBPG guna mewujudkan harapan sebagai produsen pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri.

Salah satu inisiasi dalam program int adalah melakukan penetrasi pasar pupuk komersial, baik di pasar domestik maupun mancanegara. Penunjukan K3PG sebagai Distributor Utama Non-subsidi Retail, menurut Digna merupakan salah satu upaya Petrokimia Gresik untuk memperkuat pasar komersial dalam negeri di sektor ritel.

Petrokimia Gresik memang tengah memberikan perhatian besar pada penjualan retail, karena perusahaan ini mempunyai lebih dari 28 ribu outlate atau kios yang tersebar di
selurun penjuru tanah air. Dengan banyaknya kios ini maka cakupan pasar retail Petrokimia Gresik pun sangat besar.

"Kerjasama K3PG dengan Bank BRI ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memperkuat penjualan retail. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat bagi perusahaan serta mampu mendukung program ketahanan pangan nasional," kata dia. [ipe]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA