Melalui MoU, PLN dan DJP Integrasi Data Perpajakan

IH
Oleh Indra Hendriana
Jumat 31 Januari 2020
share
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan melakukan integrasi perpajakan perusahaan yang berbasis elektronik, atau digitalisasi integrasi data perpajakan.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, integrasi ini merupakan lanjutan. Sebab, kata dia, hal yang serupa pernah dilakukan PLN dan DJP pada 2019 lalu. Ini merupakan integrasi data pajak tahap II. Integrasi ini ditandai dengan Nota Kesepahaman kedua pihak.

"Integrasi ini adalah aplikasi pelaporan pajak yang di-support anak usaha PLN untuk melaporkan PPn atas seluruh transaksi pembelian, pajak masukan, pengeluaran berbasis web servis dan terintegrasi otomatis ke data center DJP," kata Zulkifli di Gedung PLN Pusat, Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020).

Dia mengatakan, ditahap ini PLN dan DJP melakukan pengembangan integrasi data perpajakan. Yakni pemberian hak akses kepada PLN untuk mendapatkan data faktur Pajak Masukan yang diterbitkan oleh lawan transaksi PLN (vendor) dari sistem DJP.

Selain itu juga pembentukan SPT Tahunan Badan. Secara umum, integrasi ini sebagai upaya strategis perbaikan administrasi melalui optimalisasi teknologi informasi dan sistem perpajakan yang terdapat pada DJP dan PLN.

Dengan begitu, harapannya, perusahaan bisa transparan dalam bertransaksi dan meningkatkan kepatuhannya sebagai wajib pajak.

Dia melanjutkan, data yang bisa dipantau secara realtime diharapkan bisa menekan sengketa, menekan biaya kepatuhan, (cost compliance), dan wajib pajak akan patuh dalam menjalankan bisnis prosesnya.

Dalam kesempatan ini dia mengatakan, PLN menjadi salah satu WP yang berkontribusi besar pada setoran pajak ke negara. Dari tahun ke tahun, kata dia, setorannya terus bertambah.

"Realisasi pajak PLN dari 2015 hingg 2019 mencapai Rp120,5 triliun, termasuk revaluasi aset Rp19,6 triliun dan program tax amnesty Rp5,2 triliun," kata dia.[jat]

# TAG
PLN

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA