Jokowi ke Bengkulu Resmikan Monumen Fatmawati

FZ
Oleh Fadhly Zikry
Rabu 05 Februari 2020
share
Presiden Jokowi

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Jokowi Rabu (5/2/2020) bertolak ke Bengkulu. Di kota kelahiran Ibu Negara pertama Republik Indonesia itu, Jokowi napak tilas kekediaman Fatmawati.

"Rumah Ibu Fatmawati kini jadi museum. Tak jauh dari rumah itu, di Simpang Lima Ratu Samban, hari ini saya meresmikan Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Soekarno," tulis @jokowi di akun twitternya.

Dalam kunjungan selama 15 menit dikediaman Fatmawati, Jokowi ditemani oleh Sukmawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra dan Puan Maharani.
"Ditemani dua anak dan dua cucu mendiang, saya melihat-lihat memorabilia yang tersimpan di dalamnya, juga foto-foto keluarga dan tokoh dunia di dinding ruangan," tulis Jokowi.

Kemudian, Jokowi melanjutkan perjalanan untuk meresmikan monumen Fatmawati.

"Sebuah monumen karya I Nyoman Nuarta kini berdiri di Bengkulu, berupa patung Ibu Fatmawati yang sedang menjahit setinggi 7 m. Monumen Pahlawan Nasional Ibu Agung Hj. Fatmawati Sukarno itu saya resmikan hari ini, tepat pada hari lahir Ibu Fatmawati, 5 Februari 1923," katanya.

Monumen ini lanjutnya, menjadi penanda hormat atas perjuangan Fatmawati, mengingatkan untuk meneladani kenegarawanannya yang telah rela berkorban untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

"Ibu Fatmawati bukan hanya ibunya warga Bengkulu, tapi juga ibu seluruh rakyat Indonesia," tandas Jokowi. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA