Puting Beliung Terjang 6 Kecamatan Di Blitar

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 08 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Blitar - Enam Kecamatan di Kabupaten Blitar luluh lantak akibat diterjang angin puting beliung. BPBD Kabupaten Blitar melaporkan tidak ada korban jiwa akibat insiden ini.

Angin puting beliung setidaknya menerjang enam kecamatan, yaitu Wlingi, Talun, Doko, Kanigoro, Sanankulon dan Gandusari.

"Angin puting beliung mengakibatkan kerusakan fisik tempat tinggal. Tercatat 3 rumah rusak berat (RB), 3 rumah rusak sedang (RS), dan 34 lainnya rusak ringan (RR). BPBD juga mendata kerusakan lain seperti tower 2 unit RB, toko 3 unit RR," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo melalui rilis yang diterima, Sabtu (8/2/2020).

Menyikapi peristiwa alam yang memberikan dampak kerusakan ini, BPBD Blitar telah berkoordinasi dengan TNI, Polri, dinas terkait, relawan, dan masyarakat setempat untuk melakukan pendataan serta pembersihan wilayah secara gotong royong.

Terkait dengan fenomena cuaca tersebut, BNPB telah memberikan peringatan dini berdasarkan prakiraan yang dilakukan oleh BMKG. Pada 8 Februari 2020, wilayah-wilayah yang perlu mempersiapkan kesiapsiagaan terkait dengan potensi hujan lebat dan disertai angin kencang serta kilat yaitu di wilayah berikut:

Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Sehubungan dengan fenomena alam terkait iklim dan cuaca, masyarakat diimbau untuk sekali lagi selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi ancaman bahaya, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir. Masyarakat dapat terus memantau informasi prakiraan cuaca maupun informasi kewaspadaan terkait cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD.[Ivs].

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA