BNPB: 23 Kecamatan di Jakarta, Banjir

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 08 Februari 2020
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Banjir (BNPB) Agus Wibowo mengatakan hujan yang terjadi sejak Sabtu dini hari ini memicu banjir di 23 kecamatan di DKI Jakarta.

"Hujan dengan intensitas tinggi, memicu terjadinya banjir di 23 kecamatan di wilayah DKI Jakarta pada Sabtu. Wilayah paling banyak, terdampak berada di Kecamatan Jakarta Timur," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/2/2020).

Disebutkan, kelurahan yang terdampak di Jakarta Timur berjumlah 20 kelurahan (8 kecamatan), Jakarta Utara terdampak 9 kelurahan (6 kecamatan), Jakarta Selatan terdampak 8 kelurahan (5 kecamatan), wilayah Jakarta Barat terdampak 5 kelurahan (2 kecamatan), dan Jakarta Pusat terdampak 3 kelurahan (2 kecamatan). Banjir ini disebut tercatat memiliki ketinggian air yang beragam.

"Ketinggian air beragam di beberapa titik di wilayah terdampak, seperti di wilayah Jakarta Timur ketinggian air dari 10 cm hingga 170 cm," kata Agus.

Agus mengatakan, banjir pada wilayah Jakarta Timur diperparah dengan adanya luapan air sungai. Di antaranya Sungai Ciliwung, Sungai Sunter, hingga Sungai Kali Jati Kramat.

"Wilayah Jakarta Timur yang banjir diperparah dari luapan Sungai Ciliwung, Sungai Sunter, Sungai Buaran, dan Sungai Kali Jati Kramat. Organisasi perangkat daerah dan instansi terkait telah melakukan upaya penanganan, salah satunya dengan penggunaan pompa dari DSDA dan pompa kelurahan," tuturnya. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA