Rumah Jokowi Berdiri di Jember, Ini Targetnya!

IN
Oleh inilahcom
Kamis 13 Februari 2020
share
(Foto: beritajatim)

INILAH.COM, Jember - Dewan Pengelola Daerah Rumah Jokowi Kabupaten Jember, Jawa Timur, resmi terbentuk, Rabu (12/2/2020). Targetnya: menciptakan rumah sehat bagi warga.

Ketua Dewan Pengelola Nasional Rumah Jokowi Yongki Jonacta mengatakan, pihaknya ingin membantu pemerintah mencapai cita-cita berbangsa. Salah satunya di bidang kesehatan.

"BPJS Kesehatan mengalami defisit anggaran, sehingga dengan sangat terpaksa pemerintah menaikkan nominal iuran seratus persen," katanya.

"Kami merasa jadi bagian dari rakyat dan kami merasa itu membebani. Tapi permasalahannya bukan harus atau tidak naik. Rumah sakit membuat anggaran BPJS Kesehatan menjadi sakit. Rumah sehat membuat anggaran BPJS Kesehatan menjadi sehat. Maka kami berinisiatif membangun rumah sehat sebagai upaya pencegahan supaya tidak sakit," kata Yongki.

Menurut Yongki, nantinya di rumah sehat itu akan ada konseling, edukasi, dan sosialisasi bagaimana hidup sehat.

"Penekanannya ke preventif, jangan sampai sakit. Kalau sakit, jangan sedikit-sedikit ke rumah sakit. Kalau sering-sering ke rumah sakit, yang sakit anggaran BPJS Kesehatan. Ini sekaligus sentilan buat BPJS Kesehatan: janganlah kalian hanya konsentrasi untuk pengobatan, tapi juga bagaimana agar masyarakat tahu hidup sehat," katanya.

"Jadi lebih banyak orang yang sehat, maka berkuranglah yang ke rumah sakit. Ini sekaligus menumbuhkan dan menyosialisasikan bahwa kita punya herbal yang spesifik unik. Mudah-mudahan ini tertampung, terdistribusi, tersosialisasi, melalui rumah sehat," tambah Yongki.

Rumah sehat itu jadi satu kesatuan dalam sekretariat Rumah Jokowi. Ketua DPD Rumah Jokowi Fendik Triyono siap menyosialisasikan rumah sehat di Jember ke generasi muda. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA