Usai Menjalani Observasi di Natuna

14 Warga Kaltim Dijadwalkan Tiba Pagi Ini

IN
Oleh inilahcom
Minggu 16 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Balikpapan - Sebanyak 14 warga asal Kalimantan Timur (Kaltim) direncanakan tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan pada Minggu (16/2/2020) pukul 09.00 Wita.

Mereka pulang ke rumahnya masing-masing usai diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau, setelah dievakuasi dari China menyusul wabah virus korona (Covid-19).

Sebanyak 238 WNI dipulangkan dari Natuna ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (15/2/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Sri Andi Juliarty mengatakan, pemulangan warga Kaltim itu difasilitasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim."Minggu pagi ini pulang jam 09 pagi pakai Batik Air," ujarnya, Minggu (16/2/2020).

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan kepulangan warga asal Balikpapan dan Kaltim disambut baik. Tetangga dan masyarakat harus menerima kedatangan seperti layaknya mereka pulang kuliah. Apalagi mereka sudah mengantongi surat sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

"Mereka dinyatakan sehat sudah mengantongi surat sehat dari kementerian Kesehatan. Jadi jangan ada perlakuan stigma negatif. Mereka sehat jadi perlakuan seperti biasa enggak usah takut kan sudah sehat," ujarnya.

Menurutnya, tidak perlu ada perlakukan khusus bagi mereka yang diobservasi dan dinyatakan sehat. Kalaupun ada pemantauan, hal itu merupakan prosedur lanjutan yang dilakukan pemerintah pusat dalam hal ini dapat dilakukan pemerintah daerah.

Sebagaimana diketahui, dari 238 mahasiswa Indonesia yang sudah menjalani masa karentina dan observasi di Natuna selama 14 hari, pada Sabtu (15/2/2020) dipulangkan ke daerah masing-masing termasuk, Kaltim.

Sedikitnya ada 14 mahasiwa asal Kaltim yang mengikuti proses observasi di Natuna dan Sabtu sore telah tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. [Ivs].

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA