Kunjungi Komnas HAM, Kapolri Perkuat Kerjasama

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Idham Azis mengunjungi kantor Komnas HAM. Kapolri langsung diterima oleh ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik.

Pertemuan digelar di kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). Kapolri turut didampaingi sejumlah pejabat seperti Irwasum Polri Komjen Moechgiyarto, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit, dan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono.

Kapolri dalam amanatnya mengatakan kedatangannya untuk membangun sinergitas antar lembaga. Ia ingin kerjasama antara Polri dan Komnas HAM terus terjalin dan semakin membaik.

"Alhamdulillah hari ini saya membawa sebagian besar pejabat utama. Teman-teman Komnas HAM juga lengkap, kita duduk bersama untuk membicarakan bagaimana membangun sinergitas dan kerja sama ke depan yang lebih baik lagi dari kemarin," kata Kapolri Idham.

Kapolri mengatakan kerjasama yang selama ini terjalin akan segera diperbaui untuk kemudian diperkuat. Ke depan, Polri dan Komnas HAM akan membuat sebuah buku dalam bentuk modul untuk dijadikan pedoman bagi seluruh anggota Korps Bhayangkara.

"Rencana pertama kita akan memperbaharui MoU. Kemudian ada rencana juga tim bersama membikin satu modul dalam bentuk buku saku yang nanti akan dibagikan kepada seluruh anggota-anggota yang ada pada dinas operasional seperti Brimob, Sabhara, Lalu lintas, dll," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan Polri dianggap penting bagi Komnas HAM dalam penegakkan hukum di negeri ini. Ia ingin Polri melaksanakan penegakan hukum sesuai standar HAM.

"Sebagaimana disampaikan Pak Kapolri, sebetulnya ini meneruskan sekaligus memperkuat kerja sama yang sudah ada selama ini antara Komnas HAM dan Polri. Dalam pandangan Komnas, Kepolisian RI menjadi pilar yang sangat penting untuk penegakan hukum di negeri kita tapi sekaligus jadi pilar yang sangat penting untuk membangun demokrasi," katanya.

"Karena itu Komnas selalu berkeinginan kuat bersama-sama Polri untuk menegakan hukum dan tentu saja dengan standar HAM," sambung dia. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA