Cegah Penegakan Hukum Langgar HAM

Polri Akan Buat Buku Panduan Untuk Seluruh Jajaran

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pertemuan Kapolri Jenderal Idham Azis dan Ketua Komnas HAM menghasilkan rencana pembuatan buku panduan dalam bentuk modul untuk dijadikan pedoman anggota Korps Bhayangkara dalam hal penegakkan hukum. Polri mengatakan buku ini nantinya agara seluruh anggota memahami betul negara-negara dalam penegakan hukum.

"Tentunya bagian daripada demokrasi tadi sudah disampaikan ya, namanya Polri kan institusi besar ya 450 ribu lebih ya disana tentunya yang dioperasional, harus bisa memahami lah, tentunya nanti biar akan lebih baik dari pada tahun-tahun sekarang," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, Senin (17/2/2020).

Brigjen Argo mengatakan teknis pembuatan buku ini akan dikoordinasikan kembali dengan Komnas HAM, termasuk isi dalam buku panduan tersebut. Rencana ini akan ditindaklanjuti di kemudian hari.

"Sedang nanti akan dikomunikasikan dengan Komnas HAM dan kepolisian," ucapnya.

Argo menambahkan bahwa pembuatan buku panduan bukan berarti Polri selama ini tak menaati aturan dalam menegakkan hukum. Namun, buku panduan ditujukkan agar seluruh anggota Polri memahami batas-batas dalam penegakan hukum.

"Intinya bahwa anggota di lapangan memahami lah, lebih paham lebih mengetahui," tuturnya. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA