Bareskrim Olah TKP Limbah Radioaktif di Tangsel

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Februari 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Bareskrim sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel). Sampel tanah di daerah itu juga sudah diambil polisi untuk diteliti.

"Untuk direktorat tindak pidana tertentu sendiri di Bareskrim berdasarkan hasil olah TKP sudah mengamankan beberapa sampel termasuk tanah untuk dilakukan selanjutnya penyelidikan terhadap bahan-bahan tersebut dan juga penyebab dan juga mengapa daerah tersebut terpapar radioaktif jenis CS137," kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).

Asep mengatakan temuan limbah radioaktif bermula dari adanya uji fungsi di daerah pemantauan oleh Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten). Kemudian, kata Asep, ditemukan indikasi satu area terpapar radioaktif jenis CS137 yang berada pada satu area lahan kosong di Perumahan Batam Indah, Serpong, Tanggerang Selatan.

"Dari temuan ini, kemudian dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab mengapa ada terpapar radioaktif di lokasi tersebut. Oleh karenanya, kami dari kepolisian turut melakukan penyelidikan terhadap peristiwa itu," kata Asep.

Asep mengatakan kepolisian menurunkan jajaran dari Polda Metro Jaya, Puslabfor Polri, hingga Gegana Detasemen E. Asep menyebut Gegana Detasemen E diturunkan karena memiliki kemampuan khusus dalam menangani paparan radioaktif.

"Ada keterlibatan Gegana Detasemen E yang memiliki kualifikasi KBR (kimia, biologi, dan radioaktif). Jadi kalau ada pertanyaan rekan-rekan mengapa Gegana turun? Karena Detasemen E ini mempunyai klasifikasi atau kemampuan khusus tentang radioaktif," katanya. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA