Pemprov Jateng Kirim Masker Untuk WNI di 3 Negara

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Februari 2020
share
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan 41.250 masker ke Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Masker itu akan diberikan kepada para WNI yang mengadu kurangnya ketersediaan masker akibat virus corona.

Pengiriman tersebut dilakukan ssecara imbolis dengan pelepasan truk boks berisi masker di halaman kantor Gubernur Jateng, Jalan Pahlawan Semarang siang tadi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dia banyak mendapat permintaan bantuan masker meski beberapa daerah sudah melakukan pengiriman.

"Saya beberapa kali dikontak WNI kita yang ada di Hong Kong, Taiwan, dan Singapura, mereka butuh bantuan masker. Beberapa kabupaten/kota sebelumnya sudah mengirim bantuan masker, namun masih kurang banyak," kata Ganjar kepada wartawan, Senin (17/2/2020).

Ganjar menjelaskan 41.250 masker itu dibagikan untuk WNI yang tinggal di Taiwan, Hong Kong, dan Singapura dan sudah dikirim mulai hari Minggu (16/2) kemarin ke Taiwan.

"Beberapa bisa dapat, lainnya kami beli. Alhamdulillah hari ini kita bisa mengirimkan 41.250 masker. Taiwan kami berikan 16.250, dimana pada 16 Februari lalu sudah dikirim 11.250. Untuk Hong Kong 15.000 dan Singapura 10.000 masker," terangnya.

Sejak virus corona merebak, masker menjadi barang yang langka dan harganya membubung tinggi. Rencananya masker dari Pemprov Jateng itu bakal dikirim ke Konjen Indonesia di Hong Kong, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taiwan serta Kedutaan Besar Indonesia di Singapura untuk didistribusikan.

"Mudah-mudahan mereka bisa membantu mendistribusikan kepada masyarakat di sana. Kami prioritaskan WNI, kalau memang sisa, bisa diberikan ke masyarakat, karena ini sebenarnya misi kemanusiaan. Intinya kami merespons permintaan masyarakat yang ada di beberapa negara itu yang kesulitan masker. Meski sedikit, kami berharap bantuan ini berarti," terangnya. [tar]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA