Menuju Go Internasional

Inilah Inovasi Digital 'Made In' Astra Agro

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Bogor - Astra Agro terus melakukan inovasi untuk operasional perusahaan yang excellence. Salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan dan keunggulan teknologi 4.0. Ancang-ancang menuju 'Go International'.

Saat ini, Astra Agro telah mengembangkan beberapa aplikasi berbasis digital untuk mempermudah dan meningkatkan kinerja perusahaan. "Selain untuk memperkuat fungsi kontrol, digitalisasi dalam operasional Astra Agro juga kami tujukan agar analisa dan keputusan dapat diambil lebih cepat, tepat dan akurat," ujar Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari Tbk, Santosa, saat menggelar Talk to the CEO di Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/2/2020).

Dalam kesempatan ini, Santosa mengungkapkan sebuah gagasan besar bahwa Astra Agro harus bisa menjadi industri sawit terkemuka berkelas dunia alias Go Internasional. Beberapa inovasi digital yang berhasil dikembangkan, semisal, MELLI (Mill Excellent Indicator) misalnya, sangat berguna dalam memasok data yang cepat dan akurat mengenai indikator-indikator yang ada di pabrik kelapa sawit. Pasokan data tersebut sangat diperlukan mengingat kecepatan dan keakuratan data amat penting bagi manajemen untuk melakukan analisa dan pengambilan keputusan atas setiap permasalahan di pabrik.

Demikian pula dengan aplikasi yang diberi nama AMANDA, kependekan dari Aplikasi Mandor Astra Agro. Aplikasi berbasis digital ini dirancang untuk menjawab tantangan pelaksanaan kegiatan operasional yang sesuai standar Astra Agro.

Ada juga aplikasi yang dikenal dengan DINDA atau daily indicator of Astra Agro. Aplikasi ini fokus dalam hal pengembangan model sistem yang mendukung konsep operasional excellent. Sistem yang dibuat juga memfasilitasi manajemen untuk mengembangkan kerja-kerja yang efektif dan efisien.

Semua aplikasi ini diintegrasikan melalui Operation Center of Astra Agro (OCA), yaitu sebuah sistem induk yang dikembangkan dengan basis informasi realtime. "Dengan sistem ini, feedback terhadap proses yang berlangsung di lapangan bisa lebih cepat sehingga eksekusinya pun dapat lebih cepat," lanjutnya.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA