Wakil Ketua KPK Bicara Penghentian Penyelidikan

IS
Oleh Ivan Setyadhi
Jumat 21 Februari 2020
share
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengungkapkan penghentian kasus di tahap penyelidikan bukanlah hal yang baru.

"Bahkan di jilid IV, di mana saya termasuk juga di dalamnya, ada 100, bahkan lebih dari 100 kasus yang dihentikan," kata Alex saat konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

Penghentian kasus di tingkat penyelidikan merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas lembaga antirasuah kepada publik.

"Pertimbangan pertama itu tadi transparansi akuntabilitas supaya masyarakat tahu KPK dalam menangani jumlah perkara, jumlah sekian, kita lakukan evaluasi. Dan ternyata saat evaluasi tidak cukup bukti untuk meningkatkan suatu perkara ke penyidikan," jelas dia.

Alex menuturkan hingga saat ini penyelidik sedang melakukan evaluasi terhadap 366 perkara. Evaluasi tersebut akan menyimpulkan apakah perkara itu dapat ditindaklanjuti atau tidak. Jumlah perkara itu merupakan data sepanjang tahun 2008 sampai 2020.

"Kita akan minta terus penyelidik mengevaluasi dan 366 penyelidikan yang masih terbuka, kita minta lakukan evaluasi," ucap dia. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA