Kata RSCM Soal Alat Rusak Akibat Terkena Banjir

WN
Oleh willie Nafie
Minggu 23 Februari 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Bagian Pemasaran RSCM Dr. Ananto, mengatakan awalnya sekira pukul 05.00 WIB telah terjadi genangan air setinggi sekitar 8 cm akibat hujan yang cukup deras di sepanjang selasar Gedung Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Kemudian air masuk ke beberapa ruangan seperti radiologi dan radioterapi.

"Pada pukul 08.00 WIB, genangan air tersebut telah surut dan lokasi pelayanan seperti radiologi dan radioterapi telah selesai dibersihkan," kata Ananto, Minggu (23/2/2020).

Menurut dia, sampai saat ini pelayanan pasien di RSCM tidak terganggu dan tetap berjalan seperti biasa baik itu di ruang gawat darurat (IGD) maupun di ruang rawat inap.

"Sampai saat ini tim Fasmed RSCM dan BPFK Jakarta masih melakukan pengecekan alat alat medis radioterapi dan radiologi yang sempat terpapar oleh genangan air tersebut, dan sepanjang pemantauan belum ditemukan kerusakan yang berarti," tuturnya.

Sebelumnya akibat hujan mengguyur Jakarta pada Sabtu 23 Hingga Minggu 23 Februari 2020 ini membuat sejumlah lokasi terendam banjir. Salah satunya RSCM Jakarta. Air masuk ke dalam ruangan rumah sakit. Sehingga membuat sejumlah alat mengalami kerusakan.

Berikut alat-alat di RSCM kena banjir di bagian Radiologi :

1. Stationary xray ceiling
2. Fluoroscopy
3. Mammography
4. Stationary xray floor
5. Mobile xray
6. 2 unit ct scan
7. 1 unit ultra sound accuson terendam
8. Seluruh PACS sistem di ruang baca diduga terendam
9. 1 unit MRI siemens terendam

[gam]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA