Anies Diminta Evaluasi Bangunan di Sekitar Sekolah

IN
Oleh inilahcom
Selasa 25 Februari 2020
share
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR RI dari daerah pemilihan DKI Jakarta Ahmad Sahroni meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengevaluasi pembangunan pembuatan beton readymix (batching plant) di Cipayung, Jakarta Timur yang berlokasi dengan sarana pendidikan.

Ia mengatakan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24/2007 harus terbebas dari potensi bahaya, termasuk dari pencemaran udara dan air. Karenanya ia mengingatkan, perizinan atas pembangunan yang berdekatan dengan lokasi sekolah harus menyertakan persyaratan di dalam Permendiknas tersebut.

"Di Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 jelas menyatakan lahan sekolah harus terhindar dari potensi berbahaya yang mengancam kesehatan. Lahan juga jarus terhindar dari gangguan-gangguan seperti pencemaran air hingga kebisingan," ujarnya.

Pernyataan itu menindaklanjuti surat diterimanya dari Yayasan Nizamia Andalusia yang keberatan atas pembangunan lokasi khusus pembuatan beton readymix (batching plant) di samping bangunan saranan pendidikan di Jl Mabes Hankam. Surat tersebut juga disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta dan Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KSAD).

Menurut dia, pihak sekolah menolak tegas pembangunan batching plant yang telah disampaikan oleh perwakilan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Pertimbangannya, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk tidak dapat memberikan jaminan atas hal-hal krusial seperti penurunan kualitas udara, peningkatan kebisingan, penurunan kualitas air tanah, dan potensi limbah padat dan B3 atas ceceran oli maupun cairan kimia yang menurunkan kualitas tanah.

"Sekolah itu telah beroperasi sejak tahun 2014. Pembangunan yang dilakukan di sekitarnya seharusnya memperhatikan aspek lingkungan sekolah yang keseluruhan peserta didiknya merupakan anak-anak," harapnya. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA