Kemenag Masih Koordinasi Soal Penangguhan Umrah

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Kamis 27 Februari 2020
share
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan penghentian sementsra larangan umrah untuk seluruh negara, salah satu Indonesia.

Kebijakan ini diambil imbas dari penyebaran virus corona yang melonjak di timur tengah.

Penangguhan itu pun atas rekomendasi Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Penangguhan ini berlaku untuk semua negara termasuk Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan otoritas kesehatan di Arab Saudi terus mengikuti perkembangan corona virus (COVID-19). Mereka menegaskan kegigihan pemerintah Kerajaan melalui otoritas-otoritas itu untuk menerapkan standar internasional yang disetujui dan mendukung upaya negara dan organisasi internasional, terutama Organisasi Kesehatan Dunia, untuk menghentikan penyebaran virus.

Arab Saudi menegaskan bahwa prosedur ini bersifat sementara, dan harus dievaluasi terus menerus oleh pihak yang berwenang. Kementerian Luar Negeri meminta warga untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana virus corona baru menyebar.

Sementara itu, salah satu pegawai Humas Kementerian Agama, Dodo saat dihubungi INILAHCOM, Kamis (27/2/2020) belum dapat menanggapi lebih rinci. Saat ini tim Kemenag masih melakukan koordinasi.

"Sampai hari ini beluk ada rencana konpres, masih tahap koordinasi antar instansi," kata Dodo. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA