Batal Umroh, Aa Gym: Tak Perlu Malu ke Manusia

FZ
Oleh Fadly Zikry
Jumat 28 Februari 2020
share
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhid Aa Gym mengimbau agar para calon jamaah umroh tetap tenang dalam menyikapi disetopnya visa umroh oleh Kerajaan Arab Saudi karena virus Corona atau Covid-19.

"Menyikapi informasi seperti ini, tenang saja, kalau tidak tenang juga tidak merobah apa-apa," kata Aa Gym di akun instagramnya @aagym, Kamis (27/2/2020).

Aa Gym pun mengimbau agar niat umroh harus diluruskan. Umroh ditujukan semata-mata hanya untuk mengharap ridho Allah subhanahuwataala.

"Bagaimana malu oleh temen, oo tidak berpengaruh malu sama sekali oleh penilaian manusia, tidak. Tidak ada yang harus membuat kita malu. Justru ini menunjukkan dakwah, bagaimana seorang mukmin menyikapi sebuah masalah," ujar Aa Gym.

Aa Gym pun mengingatkan sebuah hadits Nabi.

"Bukannkah Rasulullah bersabda, sungguh menakjubkan urusan orang beriman, apapun urusannya baik. Dan tiada yang demikian itu kecuali orang beriman. Ketika dia diberi karunia oleh Allah dia bersyukur, itu baik baginya. Dan ketika ditimpa kemudharatan, musibah, dia sabar. Maka itupun baik baginya," kata Aa membacakan hadits Nabi.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi menyetop visa kunjungan bagi warga negara asing termasuk umroh ke Tanah Suci. Hal itu dilakukan guna mencegah menyebarnya virus Corona atau Covid-19.

[fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA