Iconomics Gelar Penghargaan

Kalau Korporasi Mau Maju, Jangan Remehkan CSR

IN
Oleh inilahcom
Jumat 28 Februari 2020
share
(Foto: Dok)

INILAHCOM, Jakarta - Agar proses produksi sebuah perusahaan berjalan lancar dan aman, perlu adanya sinergi dengan masyarakat setempat. Di sinilah peran penting dari program Corporate Social Responsibility (CSR),

Perusahaan yang punya komitmen memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar dapat memberikan andil positif terhadap perusahaan. Masyarakat akan merasa memiliki perusahaan yang perduli terhadap masalah sosial di lingkungannya.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), MR Karliansyah dalam penganugerahan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 yang diinisiasi Iconomics di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

"Pernah ada perusahaan pembangkit, dia didemo masyarakat akibat adanya dampak lingkungan. Nah setelah kita masuk dan beri arahan, maka perusahaan bisa salurkan CSR dan demo hilang," kata Karliansyah.

Terkait peran penting ini, Iconomics menyelenggarakan program penilaian terhadap CSR yang dijalankan perusahaan di Indonesia, baik swasta maupun BUMN. Penghargaan ini akan menjadi pendorong bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan brand mereka melalui sejumlah kegiatan CSR.

Founder & CEO Iconomics, Bram S Putro menjelaskan, ajang Indoesian CSR Brand Equity Award 2020 ini sangat penting dilakukan karena bertujuan untuk memberikan perspektif baru penilaian efektivitas sebuah kegiatan CSR.
Artinya, bukan hanya dilihat dari seberapa besar pendanaan dan ruang lingkup wilayah, jumlah penerima, atau kajian efektivitas fisik, tetapi juga dari sisi persepsi masyarakat umum.

Kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan brand sebuah perusahaan sekaligus memperkuat positioning perusahaan di masyarakat. Sehingga perusahaan akan terpicu untuk melibatkan masyarakat dalam proses produksi maupun operasional perusahaan. "Bentuk kegiatan CSR ini bervariasi, yang biasanya menyesuaikan dengan core bisnis masing-masing perusahaan. Penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen perusahaan di dalam pelibatan masyarakat, baik dalam proses produksi maupun operasional perusahaan," kata Bram.

"Bagi perusahaan-perusahaan dengan penilaian tertinggi akan memperoleh predikat "CSR Brand Equity Gold Award". Semoga apresiasi yang kami persembahkan untuk perusahaan-perusahaan terpilih ini dapat menstimulus perusahaan agar mampu memberikan nilai tambah bagi Indonesia," imbuhnya.

Sebelum malam puncak penganugerahan Indonesian CSR Brand Equity Award 2020 ini, proses panjang telah dilakukan oleh Tim Iconomics. Mulai dari survei, penjurian dan penilaian termasuk penentuan bobot penilaian hingga penentuan perusahaan yang berhak memperoleh predikat CSR Brand Equity-Gold Award.

Untuk survei, prosesnya dilakukan pada Januari 2020 dengan melibatkan lebih dari 10.000 responden secara online di 10 kota besar di Indonesia. Batas usia termuda dari responden adalah 16 tahun. Penilaiannya menggunakan Index 100 sebagai nilai maksimum. Dan penerima predikat CSR Brand Equity Gold Award hanya perusahaan yang memiliki nilai akhir Index di atas 70.

Penilaian juga didasarkan pada hasil Proper KLHK 2018 yang memiliki bobot 30%. Nilai diberikan relatif terhadap peer group (di dalam satu kelompok industri, berdasarkan penggolongan KLHK). Perusahaan yang mendapatkan skor Proper KLHK tertinggi di peer group-nya akan memperoleh Index 100 oleh Tim Iconomics. Jika nilai Proper KLHK perusahaan tidak tersedia, maka penilaian dari sisi ini akan ditiadakan.

Sejumlah perusahaan yang mendapat penilaian tertinggi, diantaranya adalah Astra Agro Lestari Tbk, PT PGN (Persero), PT Adaro Tbk, PT Tirta Investama, PT Sido Muncul Tbk, PT PLN, PT Semen Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Telkom Tbk, Pelindo II. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA