Alasan Kelompok Lain Gabung KKB di Tembagapura

IN
Oleh inilahcom
Senin 02 Maret 2020
share
Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw

INILAHCOM, Timika - Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terdeteksi berada di kawasan Distrik Tembagapura. Namun, tidak saja dari kelompok Kali Kopi pimpinan Joni Botak namun ada juga kelompok lainnya di pedalaman Papua.

"Ada beberapa kelompok yang sudah bergabung di sekitar Tembagapura itu. Ini yang sedang kami dalami untuk bagaimana menghadapi mereka dalam kaitannya melakukan penegakan hukum," kata Paulus, Minggu (1/3/2020).

Menurut dia, bergabungnya beberapa kelompok KKB ke wilayah Distrik Tembagapura itu bertujuan guna mengganggu operasional PT Freeport Indonesia.

"Dugaan kami mereka mau ganggu area pertambangan Freeport. Di beberapa tempat mereka sudah mencoba mengganggu seperti di Puncak Jaya, Puncak, Wamena dan sekitarnya, terakhir di Intan Jaya dan sekarang mereka mengarah ke Tembagapura khususnya di area PT Freeport, termasuk ke wilayah Timika pada umumnya," jelas Irjen Paulus.

Dia menegaskan upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap KKB di berbagai wilayah di Papua semata-mata karena kelompok tersebut memiliki dan menggunakan senjata api untuk melakukan serangkaian aksi kekerasan, teror dan intimidasi, tidak saja kepada aparat TNI dan Polri, aparat kampung atau desa, tetapi juga kepada masyarakat sipil.

"Kami akan terus melakukan penegakan hukum karena kami ialah aparat penegak hukum. Kami tidak pernah menghendaki jatuh korban seperti ini baik dari pihak kami maupun dari pihak mereka. Tapi ketika mereka melakukan intimidasi, kekerasan, menekan masyarakat dengan cara mereka, kami harus menegakkan hukum, karena negara ini kan harus aman, termasuk di daerah kita ini," urainya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA