Startup Asli Papua Kini Dikenal Investor Dunia

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Minggu 01 Maret 2020
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 24 start up dan UKM dari 308 milenial asli Papua diperkenalkan ke kurang lebih 100 perusahaan multinasional dari Amerika, Australia, China dan Eropa. Ini merupakan prestasi baru dari karya asli Papua di bidang digital yang diperkenalkan ke publik Internasional.

Acara perkenalan ini dihadiri langsung oleh pejabat Menteri Kabinet Joko Widodo diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang digelar di Swissbel Hotel Sorong, Papua Barat sejak tanggal 26 Februari lalu.

Perkenalan tersebut dilakukan pada Pertemuan tingkat tinggi investasi hijau untuk Papua dan Papua Barat, yang diinisiasi oleh Yayasan Inisiatif Dagang Hijau, dengan koordinasi dari Kementerian Kordinator Kemaritiman dan Investasi.

Pertemuan tingkat tinggi ini bertujuan untuk memfasilitasi dialog multipihak, khususnya antara pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat dengan pihak investor berkelanjutan, dan perusahaan multinasional, untuk berinvestasi secara bertanggung jawab dikedua Provinsi ini.

Staf Khusus Presiden Milenial, Billy Mambrasar yang juga seorang Entrepreneur Muda Papua, memberikan sambutan sekaligus memperkenalkan 24 start-up dan UKM tersebut di depan CEO dan direktur perusahaan berkelas dunia, dan juga di depan Para Menteri-menteri yang hadir.

"Mereka adalah pekerja keras, anak Papua asli teladan, milenial sejati, yang pantang menyerah. Semua Pemuda dan Pemudi Papua harus mencontoh mereka. Sekarang sudah saatnya kita beralih dari mengejar posisi PNS menjadi pengusaha. Anak-anak ini merupakan pengusaha muda yang berasal dari berbagai wilayah adat di Papua, yaitu Jayapura, Raja Ampat, Wamena, hingga daerah lainnya. Usaha mereka beragam, mulai dari kuliner, kosmetik, hospitality, eco-tourism, hingga aplikasi digital", Kata Billy dalam sambutannya.

Adapun 24 bisnis tersebut merupakan bagian dari ekosistem start-up dan UKM Milenial di Papua dan Papua Barat, yang dibina oleh PT. Papua Muda Inspiratif, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM.
PT. Papua Muda Inspiratif berperan memberikan pelatihan dan pendampingan, dan Kementerian Koperasi dan UKM, dengan restu dari Menteri Teten Masduki, memberikan permodalan melalui mekanisme hibah, dan pinjaman lunak. Kementerian Koperasi dan UKM akan memberikan bantuan Rp 1.44 miliar untuk mengembangkan usaha mereka. Uang tersebut berasal dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA