Kemenkeu Pantau Ekonomi Imbas Negatif Virus Corona

IN
Oleh inilahcom
Selasa 03 Maret 2020
share
Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara - (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemkeu) terus memantau dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia karena penyebaran virus tersebut terus berlanjut.

"Di China sekarang yang kena infeksi mulai turun tapi di negara lain mulai muncul seperti Italia, Korea, dan Indonesia. Kami lihat ini belum berhenti, sehingga kami pantau serius," kata Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara ketika meluncurkan buku kemitraan Bank Pembangunan Asia (ADB) di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Menurut dia, kementerian/lembaga di Tanah Air sudah mengeluarkan kebijakan di antaranya Bank Indonesia yang menurunkan suku bunga acuan menjadi 4,75%. Kementerian Keuangan juga mengeluarkan kebijakan fiskal berupa stimulus salah satunya diskon harga tiket untuk mendorong sektor pariwisata.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kata dia, juga akan mengeluarkan relaksasi untuk mengantisipasi kredit bermasalah. Kebijakan-kebijakan itu, diharapkan saling melengkapi untuk menyelamatkan perekonomian Indonesia dari imbas virus corona.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden ADB Masatsugu Asakawa mengapresiasi respons cepat dari pemerintah Indonesia dalam mengantisipasi wabah Virus Corona. Imbas Corona, kata dia, tidak hanya dirasakan Indonesia tetapi sudah mengganggu perekonomian global. Pria asal Jepang itu mengatakan Covid-19 itu mengakibatkan sektor konsumsi, investasi, pariwisata dan perdagangan menurun. "Kemudian terganggunya produksi dan rantai pasok. Ini juga memperlemah investasi jika wabah itu semakin berlanjut," katanya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA