Satu Tersangka Suap Komisioner KPU Segera Disidang

IN
Oleh inilahcom
Jumat 06 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan berkas penyidikan salah satu tersangka kasus dugaan suap Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI 2019-2024.

Dia adalah Saeful Bahri, satu dari empat tersangka suap yang melibatkan Komisioner KPU Wahyu Setiawan serta caleg PDIP Harun Masiku.

"Hari ini informasi dari penuntut umum untuk pemberkasan dari tersangka SAE telah dinyatakan lengkap dan rencananya besok akan dilakukan penyerahan tahap II ya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan di KPK, Kamis (5/3/2020) malam.

Nantinya kata Ali, Saeful Bahri akan menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat setelah Jaksa KPK melengkapi surat dakwaan selama 14 hari kerja. "Setelah itu baru kemudian dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta, setelah penuntut umum menyusun surat dakwaan dan segera melimpah ke pengadilan," terang Ali.

Ali menambahkan, penyidik baru menyerahkan tersangka pemberi suap kepada tersangka Wahyu Setiawan baru Saeful Bahri lantaran tersangka Harun Masiku hingga saat ini masih buron."Jadi penyerahan tersangka dan barang bukti untuk tersangka SAE lebih dahulu tentunya karena memang sampai hari ini penyidik masih mencari keberadaan dari tersangka HAR untuk kemudian ditangkap," jelas Ali.

Sedangkan untuk dua tersangka penerima suap yakni Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fridelina, penyidik masih melanjutkan untuk melengkapi berkas perkara. "Namun kemudian, berkas berjalan sampai hari ini untuk empat tersangka. Jadi yang dua tersangka sebagai penerima dilanjutkan untuk diperdalam lebih lanjut untuk pemberinya sudah lengkap dan akan dilakukan penyerahan oleh penyelidik ke penuntut umum KPK," terang Ali.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA