Korean Air Setop Penerbangan, AP I Mulai Berhitung

IN
Oleh inilahcom
Jumat 06 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I akan menghitung dampak rencana penghentian sementara penerbangan Korean Air pada Maret akibat wabah Virus Corona.

"Sebelumnya saya sampaikan bahwa Korean Air sudah berencana untuk menghentikan sementara penerbangan pada bulan Maret," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi seperti dikutip Antara, Jumat (6/3/2020).

Faik mengatakan, penerbangan dari dan ke Korea Selatan yang melalui bandara-bandara Angkasa Pura I berasal dari dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Korean Air.

Sehingga jika Korean Air menghentikan sementara penerbangannya, maka tinggal Garuda Indonesia yang melayani penerbangan Korea Selatan - Indonesia.

"Dampaknya seperti apa? Tergantung pada penerbangannya dan jumlah penumpangnya seberapa banyak. Itu belum kita hitung namun pasti berdampak," kata Faik.

Menurut dia, keputusan pemerintah yang melarang pendatang dari tiga negara (Iran, Italia, dan Korea Selatan) transit atau datang ke Indonesia, akan memiliki dampak terhadap Angkasa Pura I, terutama dari Korea Selatan yang memiliki penerbangan langsung, sementara Iran dan Italia tidak ada penerbangan langsung.

"Dari yang Korea Selatan ini tentu ada dampaknya," ujar Faik Fahmi.

Sebelumnya Pemerintah Indonesia memberlakukan larangan masuk atau transit bagi pendatang yang dalam 14 hari terakhir melakukan perjalanan di sejumlah wilayah di tiga negara, yaitu Iran, Italia, dan Korea Selatan.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA