Kehadiran PLN Online Berikan Kemudahan Pelanggan

IN
Oleh inilahcom
Minggu 08 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kebutuhan akan listrik selalu menjadi hal utama yang wajib untuk dipenuhi semua orang. Sebagai salah satu sumber kehidupan, listrik memberikan banyak fungsi yang tidak bisa digantikan oleh hal yang lainnya.

Tingkat produktivitas suatu individu atau rumah tangga tertentu akan sangat mempengaruhi tingkat tinggi rendahnya konsumsi daya listrik yang dilakukan. Tak dapat dipungkiri, produktivitas terkadang dipengaruhi keberadaan listrik. PLN sebagai petugas yang mengurusi segala macam hal perihal listrik merupakan pembantu masyarakat yang dapat mewujudkan listrik terus berada di tengah-tengah mereka.

Karena tingkat urgensinya yang tinggi, berbagai macam hal dicanangkan agar dapat memberikan kemudahan terhadap masyarakat, salah satunya adalah dengan adanya sistem online.

Melalui sistem online, banyak orang yang lebih diuntungkan terlebih jika memiliki kesibukan yang padat dan tidak bisa untuk ditinggal. PLN online sendiri memang memberikan kemudahan yang tak terhingga kepada setiap pelanggannya agar kinerja mereka benar-benar membuat masyarakat semakin sejahtera dan makmur. Maka dari itu, mulai dari daftar hingga proses pemasangan, bisa dilakukan secara online dengan cara yang mudah dan praktis.

Sama halnya pendaftaran lainnya, untuk bisa mendaftar listrik PLN secara online, Anda tetap perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Apa saja ketentuan dan syarat yang dimaksud?

Pertama, fotokopi kartu identitas yang dimiliki seperti misalnya KTP atau SIM perlu untuk dilakukan. Hal ini untuk mengetahui apakah Anda benar-benar merupakan penduduk asli dari wilayah tersebut atau tidak, sebab sekarang ini memang sedang marak terjadi yang namanya penipuan identitas sehingga semuanya perlu untuk lebih berhati-hati, termasuk petugas PLN.

Kedua, denah lokasi rumah. Berikan informasi mengenai denah lokasi rumah adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Tanpa adanya denah, petugas tidak akan mengetahui letak atau tempat yang akan dipasangi listrik. Denah juga diperlukan untuk melakukan survey lapangan terhadap kondisi lingkungan tersebut, apakah memang bisa dialiri dengan listrik atau cukup sulit. Untuk itu, pastikan Anda mengirimkan denah rumah yang memang benar-benar valid.

Ketiga, surat kuasa. Opsi surat kuasa ini sebenarnya tidak terlalu wajib. Anda hanya perlu memberikannya apabila pemilik rumah tidak menyetujui permohonan yang diajukan. Kasus ini biasanya hanya terjadi untuk orang-orang yang sedang mengontrak, dalam artian rumah yang dimiliki bukanlah milik pribadi. Namun, tentunya jika ingin memasang aliran listrik, pastikan untuk meminta persetujuan dari pihak pemilik rumah.

Ketiga, membayar biaya yang dikenakan. Tentunya, pemasangan listrik tidak serta merta dilakukan secara gratis oleh petugas. Ada biaya yang perlu Anda bayar, tetapi tidak dalam jumlah yang banyak. Ketetapan pemasangan listrik semuanya sudah ditentukan oleh pihak pemerintah sehingga biaya yang ditetapkan tidak akan seenaknya sendiri dan memang sudah melalui tahap yang disetujui oleh pihak pemerintah. Maka bisa dipastikan jika biaya yang dibebankan tidak akan memberatkan masyarakat.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN secara Online, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bisa melalui PLN mobile, Website resmi PLN, Email PLN, SMS, dan juga Telepon. Berikut ini rincian lebih jelas yang bisa Anda simak, diantaranya yaitu melalui PLN Mobile

Pastikan sudah mengunduh aplikasi PLN mobile terlebih dahulu di App Store. Langkag berikutnya, Buka aplikasinya; Klik menu Informasi yang ada pada beranda utama; Klik Tagihan dan Token Listrik; Masukkan ID Anda atau nomor meteran yang biasa digunakan untuk membeli pulsa listrik; Klik Cari dan tunggu beberapa saat; Jumlah tagihan akan muncul pada layar Anda beserta dengan informasi penting lainnya.

Melalui Website Resmi. Mengecek tagihan listrik PLN juga bisa dilakukan melalui website resminya, yakni pada alamat www.pln.co.id. Dengan memasukkan ID pelanggan yang terdiri atas 12 digit, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah tagihan listrik yang dimiliki, tetapi pastikan untuk sudah login terlebih dahulu. Setelah memasukkan ID pelanggan, Anda bisa melakukan login menggunakan password yang telah disediakan pada website tersebut. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA