Raja Belanda Datangi Jokowi Cetak Kerja Sama US$1M

IN
Oleh inilahcom
Selasa 10 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia dan Belanda sepakati kerja sama pengendalian penyakit menular dan sejumlah bisnis, termasuk membangun industri kelapa sawit.

Dalam nota kerja sama yang ditandatangani setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

Kedua negara sepakat untuk bekerja sama dalam produksi kelapa sawit, serta isu women peace and security. Tak hanya itu, kerja sama antarkelompok bisnis juga dilakukan dengan nilai kurang lebih US$1 miliar.

"Selama kunjungan Yang Mulia Sri Baginda kita telah melakukan tanda tangan kerja sama antarpemerintah. Beberapa kerja sama yang baru, yang penting antara lain produksi kelapa sawit berkelanjutan, kerja sama dalam isu women peace and security, pengelolaan pengendalian penyakit menular," kata Jokowi.

"Selain itu sejumlah kerja sama antarbisnis juga dilakukan dengan nilai yang cukup besar, mencapai kurang lebih 1 miliar dolar Amerika," tambah mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi bilang, Belanda merupakan salah satu mitra penting Indonesia di Eropa. Belanda merupakan mitra strategis di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Belanda juga mitra dagang terbesar kedua di Eropa bagi Indonesia, mitra investasi terbesar pertama, dan mitra pariwisata terbesar keempat. "Saya menyambut baik kunjungan Rri Baginda yang juga disertai pengusaha Belanda dalam jumlah yang besar," tutur Jokowi. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA