Ratusan Rumah Rusak Akibat Gempa Sukabumi

IN
Oleh inilahcom
Rabu 11 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sukabumi - Sebanyak 222 rumah rusak akibat gempa dengan magnitudo 5,1 yang terjadi Selasa (10/3/2020) di Sukabumi, Jawa Barat. Tak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, kecuali hanya tiga orang luka ringan.

Rinciannya adalah 202 rumah rusak di Sukabumi dan 20 rumah lagi di Kabupaten Bogor, demikian dikutip dari keterangan terulis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dampak kerusakan rumah tersebar di Kecamatan Kalapanunggal, Cidahu dan Kabandungan. Total kerusakan di Kalapanunggal berjumlah 166 unit dengan rincian RB 41 unit, RS 75 dan RR 50," terang Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sukabumi menyebutkan 202 rumah di wilayah Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan. Rincian kerusakan sebagai berikut rumah rusak berat (RB) 48 unit, rusak sedang (RS) 91 dan rusak ringan (RR) 63.

Rumah rusak di Kecamatan Cidahu total 11 unit dengan rincian rumah RS 7 unit dan RR 4, sedangkan di Kecamatan Kabandungan total rumah rusak berjumlah 25 unit, RB 7 unit, RS 9 dan RR 9. Satu masjid di kecamatan ini juga mengalami kerusakan dengan kategori sedang.

Pasca-gempa, 173 warga Kampung Cipicung, Desa Kebandungan, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi mengungsi. BPBD setempat sudah mendirikan tenda untuk menampung warga tersebut di Kebandungan.

Sementara itu, gempa yang juga dirasakan di wilayah Kabupaten Bogor meimbulkan dampak kerusakan tempat tinggal. BPBD Kabupaten Bogor mencatat total kerusakan rumah di Kecamatan Pamijahan berjumlah 20 unit, dengan rincian rumah RB 7 unit, RS 9 dan RR 4.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA