Ratusan Pasien RSCM Terbantu Kitabisa.com

IH
Oleh Indra Hendriana
Kamis 12 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Lies Dina Liastuti menyampaikan terimakasih kepada donatur Kitabisa.com atas pemberian 100 kursi roda.

Sebab bantuan kursi roda sangat membantu mobilitas pasien. Apalagi dalam sehari RSCM setidaknya memerlukan 200 kursi roda untuk mobilitas pasien. "Bantuan ini tentu akan membantu kami dalam peningkatan kualitas dan pelayanan terhadap pasien," kata Dina dalam siaran resmi, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Adapun kursi roda ini merupakan hasil donasi publik yang dihimpun melalui halaman galang dana kitabisa.com/bisasembuh.

Sejak Mei 2019, Kitabisa.com bersama RSCM juga membuka program khusus untuk bantuan biaya pengobatan pasien tanpa jaminan kesehatan bernama "Bisa Sembuh RSCM".

Lebih dari 75 ribu orang telah membantu biaya pengobatan 70 pasien. Seperti buruh yang mengalami kecelakaan kerja hingga pasien dengan penyakit langka. Terkumpul lebih dari 4,5 Miliar rupiah donasi untuk membantu pasien-pasien ini.

Salah satu pasien yang terbantu melalui program ini adalah Nasikin, kuli bangunan yang tersengat listrik saat sedang memasang atap di sebuah bangunan. Kedua tangannya terpaksa diamputasi. Ia harus menjalani pengobatan intensif untuk memulihkan kondisinya dengan estimasi biaya perawatan sebesar 200 juta rupiah.

Untuk membantu 'Nasikin lainnya' RSCM bersama Kitabisa.com juga melantik 20 Duta #OrangBaik RSCM. Mereka adalah tenaga medis profesional yang nantinya akan membantu pasien RSCM untuk mendapatkan pelayanan dan bantuan biaya pengobatan secara.

Salah satunya adalah Prof Soehartati, Sp. Rad(K)Onk.Rad, dokter senior ahli onkologi RSCM. "Semoga akan ada lebih banyak lagi pasien yang terbantu melalui program Duta #OrangBaik ini"," kata dia.

CEO kitabisa.com, Alfatih Timur mengatakan, RSCM adalah rumah sakit rujukan nasional. Maka bantuan100 kursi roda ini diyakini bisa memaksimal pelayanan RSCM. "100 kursi roda ini adalah wujud gotong royong masyarakat Indonesia yang disalurkan melalui Kitabisa.com untuk mereka yang membutuhkan bantuan di bidang kesehatan, " ujar Alfatih

Selain bantuan untuk pasien, Kitabisa.com dan RSCM juga membantu keluarga pasien RSCM melalui program Food Box. Sejak 20 November 2019, setiap harinya Kitabisa.com menyalurkan 200 box makanan untuk keluarga pasien RSCM, terutama untuk keluarga pasien kurang mampu. Foodbox ini terletak di Lantai 2 Poli Bedah dan Ruangan Hematologi RSCM. [ipe]



# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA