COVID-19, Menteri Erick Kampanye Batuk Beretika

IN
Oleh inilahcom
Senin 16 Maret 2020
share
Menteri BUMN Erick Thohir - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat mempraktikkan etika yang baik pada saat batuk dalam rangka mencegah penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

"Langkah konkret yang paling mudah untuk dipraktikkan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain saat batuk," tulis Erick Thohir dalam akun resmi Instagram-nya.

Erick mengatakan bahwa bukan kondisi batuk yang diperhatikan, melainkan cara kita batuk yang mesti diperhatikan. "Ini bukan sekedar soal kesehatan, namun soal kesopanan. Mengutip nasihat agama, 'adab dahulu baru ilmu,'" katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, langkah social distancing atau menjaga jarak antarsatu dengan yang lainnya, menjadi hal yang paling penting dilakukan dalam situasi mewabahnya virus corona (COVID-19). "Yang paling penting social distancing, bagaimana kita menjaga jarak," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Jokowi mengatakan, dengan kondisi tersebut maka sudah saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah serta beribadah di rumah. Selanjutnya, presiden mengajak seluruh rakyat bekerja sama, saling tolong menolong, bersatu padu, bergotong-royong menangani COVID-19.

Kembali ke Menteri Erick, merasa yakin Indonesia bisa bersatu dan gotong royong dalam melawan wabah Corona. Semua elemen masyarakat harus menjalankan perannya masing-masing, mengingat pemerintah tidak mungkin bekerja sendiri.

Saat ini, lanjut Erick, semua umat manusia di seluruh dunia sedang menghadapi ujian. Untuk bisa melaluinya dan insya Allah mampu mengatasinya dengan baik, semua lapisan masyarakat harus bersatu.

Diingatkan bahwa hal-hal terkecil yang memang harus dilakukan, mulai dari rutin mencuci tangan, menjaga kebersihan kantor dan rumah, berolahraga dan tidak menghadiri acara yang penuh orang seperti konser, pertandingan olahraga dan tempat wisata dapat meminimalkan penyebaran COVID-19. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA