Aki Produksi Indonesia Tembus Pasar Malaysia

IN
Oleh inilahcom
Rabu 18 Maret 2020
share
(Foto:Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Produsen aki asal Indonesia, PT Nipress Energi Otomotif (NEO) mulai melebarkan sayapnya dengan menembus pasar ekspor ke negeri jiran Malaysia.

"Pasar kami di Malaysia cukup bagus, baik untuk jenis aki basah maupun aki kering. Bahkan sejak tahun 2015 kami telah rutin ekspor kesana. Ini membuktikan bahwa produk-produk Indonesia juga bisa kompetitif di luar negeri, dan disambut pasar dengan baik," ujar Business Development Commercial Division NEO, Bimo Prakoso Priatmadji dalam keterangan persnya, Selasa (17/3/2020).

Dia mengatakan, salah satu produsen kendaraan roda empat ternama di Malaysia bahkan menjadikan aki produksi PT Nipress Energi Otomotif sebagai salah satu aki resmi yang dipakai pada kendaraan roda empat produknya.

Meskipun kecenderungan pasar Malaysia sudah mulai beralih ke teknologi aki kering, pasar di Malaysia masih menyerap baik jenis aki basah maupun aki kering dalam jumlah yang sama besar.

Sedangkan terhadap dua brand aki kering untuk kendaraan roda empat produksi NS Battery yang saat ini telah mendominasi pasar Indonesia, yakni NS Cheetah dan NS Jaguar, keduanya juga mencatatkan angka penjualan bagus di Malaysia.

"Untuk jenis aki kering, 70% pangsa pasar kami di Malaysia menyukai aki NS Jaguar, sedang sisanya memilih aki NS Cheetah," ujar Bimo.

Keberhasilan menembus pasar aki Malaysia ini, dibuktikan dengan rangking brand yang didapat dari aki-aki produksi Indonesia di pasar Malaysia. Saat ini, aki-aki dengan brand NS produksi dari NS Battery ini, sudah masuk ke dalam 6 besar merek ternama di Malaysia.

Dengan capaian itu, membuktikan penetrasi pasar aki NS di Malaysia tidak hanya berhasil dalam penjualan secara retail saja, tetapi juga telah mampu menciptakan kepuasan produk sekaligus layanannya, sehingga mampu menjadi brand komersial yang diingat dan disukai.

"Dan kami sudah menembus hingga pengiriman 20 kontainer per bulan ke Malaysia," ujar Bimo.

Menurutnya, untuk semakin meningkatkan penjualan produknya di Malaysia, PT Nipress Energi Otomotif (NEO) akan terus memperbaiki kinerja pemasarannya dengan semakin meningkatkan pelayanan dan memperluas jaringan retailnya.

PT Nipress Energi Otomotif (NEO) yang berdiri pada 2015 adalah anak usaha PT Nipress, Tbk (NIPS), sebuah perusahaan produsen aki terbesar di Indonesia yang telah memproduksi aki dan melayani pasar di Indonesia sejak lebih 40 tahun lalu.

Di Indonesia sendiri, market share produk NS Battery untuk produsen kendaraan roda 4 (kendaraan penumpang maupun komersial) kurang lebih 33%, dan 12% untuk produsen kendaraan roda 2.

"Tiga produsen kendaraan roda dua teratas di Indonesia, yakni Yamaha, Honda, dan Suzuki merekomendasikan aki NS untuk kendaraan produknya," kata Bimo.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA