Pemerintah Tegaskan Kesungguhan Kontrol Covid-19

IN
Oleh inilahcom
Minggu 22 Maret 2020
share
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah menegaskan kesungguhan dalam mengendalikan penyebaran virus corona atau Covid-19 agar tidak semakin meluas.

"Pemerintah secara bersungguh-sungguh dan bekerja keras untuk mencoba melakukan pengendalian terhadap penyebaran ini," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konfrensi pers, Sabtu (21/3/2020).

Ia menambahkan, beberapa saat lalu sudah muncul kebijakan untuk melaksanakan pemeriksaan cepat atau rapid test. Hal itu pun sudah dilaksanakan sejak Jumat (20/3) di beberapa kecamatan di wilayah Jakarta Selatan.

"Kita akan melakukan ini secara luas pada kelompok yang berisiko. Oleh karena itu rapid test, pemeriksaan cepat akan kita sinergikan dengan kegiatan tracing pada kasus yang positif," ujarnya.

Sebagai contoh mendatangi keluarga pasien positif Covid-19 kekediamannya masing-masing untuk dilakukan tes.

"Seluruh orang di rumah itu kita lakukan tes. Kemudian juga nanti akan kita laksanakan pelacakan di tempat kerjanya. Ini lah yang dilakukan di dalam kaitan dengan pemeriksaan cepat terkait juga dilakukan dengan screening ini. Tujuannya adalah sesegera mungkin kita menemukan kasus-kasus positif dan kemudian melakukan isolasi di tengah masyarakat supaya tidak menjadi penyebaran lagi," tandasnya.

Sebelumnya, hingga Sabtu pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif corona sudah mencapi 450 orang, 38 meninggal dunia dan 20 orang berhasil sembuh. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA