Positif Covid-19 tak Harus Dirawat di Rumah Sakit

IN
Oleh inilahcom
Minggu 22 Maret 2020
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk terus menjaga diri dengan tidak banyak melakukan aktifitas diluar rumah guna mencegah terpapar virus corona atau Covid-19.

"Dan kita menginginkan siapapun meskipun di dalam pemeriksaannya negatif tidak kemudian merasa dirinya sehat tetap harus melaksanakan pembatasan, mengatur jarak dalam berkomunikasi secara sosial," kata Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konfrensi pers, Sabtu (21/3/2020).

"Kemudian hasil positif pun juga akan kita tindaklanjuti karena belum tentu hasil yang positif ini membutuhkan perawatan di rumah sakit," tambahnya.

Prinsip pencegahan penyebaran virus asal Wuhan, China ini lanjut Yuri yaitu isolasi diri. Baik itu isolasi perorangan, karantina perorangan, dan karantina rumah sakit.

"Mana kala memang atau penyakit yang mengikuti atau keluhan-keluhan yang mengikuti yang membutuhkan pelayanan layanan rumah sakit," ujarnya.

"Oleh karena itu sekalipun hasilnya negatif tidak boleh menganggap bahwa dirinya betul-betul sehat dan terbebas dari Corona virus COVID-19. Bisa saja kalau saat ini negatif, dengan ketidakhati-hatian bisa saja tertular orang lain yang positif. Oleh karena itu ini menjadi penting bagi kita," tandasnya.

Hingga Sabtu pukul 12.00 WIB, jumlah pasien positif corona sudah mencapi 450 orang, 38 meninggal dunia dan 20 orang berhasil sembuh. [fad]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA