Presiden Jokowi Tinjau 'RS' Wisma Atlet Kemayoran

IN
Oleh inilahcom
Senin 23 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Wisma Atlet tersebut sebelumnya telah disulap menjadi rumah sakit darurat bagi para pasien corona (Covid-19).

Mengenakan kemeja putih lengan panjang lengkap dengan masker di wajah, Jokowi dalam tinjauannya turut didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Presiden masuk ke salah satu ruangan yang disiapkan bagi pasien corona. Jokowi tampak naik ke lantai dua tower 7 Wisma Atlet untuk melihat dari dekat ruang rawat inap, IGD, dan ICU yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 yang memiliki gejala ringan hingga sedang.

Sebelumnya, perbaikan dan perapihan Wisma Atlet di Kemayoran, yang akan digunakan sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19 sudah 100%. Perbaikan dilakukan sebagai tindaklanjut dari perintah Presiden Joko Widodo atas permintaan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Ada tiga komponen pekerjaan yang dilakukan. Pertama pembersihan ruangan karena sudah lama tidak dipakai, termasuk penyemprotan disinfektan kemarin sore, 100% sudah selesai. Kemudian modifikasi perbaikan sedikit di lantai 1,2, dan 3 pada tower 7 yang akan dimanfaatkan sebagai RS Darurat dilengkapi dengan ruang laboratorium, farmasi, radiologi, dan ICU semua sudah siap 100%," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu 22 Maret 2020 kemarin.

Dari 10 tower yang ada di Wisma Atlet Kemayoran, Kementerian PUPR menyiapkan 4 tower untuk digunakan sebagai RS Darurat yakni tower 1, 3, 6 dan 7 yang semuanya berada di Blok D10.

Tower 6 secara utuh mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang. Satu kamar diperkirakan dapat menampung dua hingga tiga orang pasien.[vs].

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA