Darurat Covid-19 KAJ Tiadakan Misa Paskah

IN
Oleh inilahcom
Selasa 24 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) memperpanjang masa darurat COVID-19. Bahkan missa Paskah yang rencananya digelar 10 April 2020 di gereja ditiadakan. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan No. 170/3.5.1.2/2020 disepakati bahwa semua kegiatan kegerejaan yang mengumpulkan banyak orang ditiadakan.


"Pertama seluruh Misa Pekan Suci 2020, Misa Mingguan dan Misa Harian, dan sebagai gantinya akan disiarkan secara online (live streaming, youtube, TVRI dan RRI)," ujar Vikaris Jenderal KAJ Romo Samuel Pangestu Pr dalam keterangannya, Selasa (24/3/2020).


Samuel menuturkan perayaan Paskah yang biasa dirayakan bersama-sama dengan umat, kali ini dirayakan secara sederhana dan tanpa kehadiran umat.


"Perayaan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah dirayakan secara sederhana hanya di Gereja Katedral dan Gereja Paroki oleh Pastor tanpa dihadiri umat," imbuhnya.

Samuel menambahkan, semua kegiatan kerohanian dan pastoral bersama yakni misa di tingkat lingkungan, misa ujub, renungan Aksi Puasa Pembangunan (APP) lingkungan, Jalan Salib dan rapat/pertemuan hingga Pelayanan Sakramen Tobat (Pribadi dan Umum) ditiadakan.


Bagi para komunitas biara dan seminari, Samuel mengimbau agar mereka mengikuti perayaan Pekan Suci yang diselenggarakan oleh Gereja Katedral dan Gereja Paroki secara online.


"Marilah kita sebagai putra-putri Allah belajar menerima dan mencintai situasi pandemik Covid-19 dengan melihat, merasakan, dan mengalami kehadiran Kasih Tuhan yang hidup dan menyelamatkan," tutup dia. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA