Ini Alasan Jokowi tak Ambil Kebijakan Lockdown

FZ
Oleh Fadhly Zikry
Rabu 25 Maret 2020
share
Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah telah mengambil keputusan untuk tidak melakukan lockdown sejumlah kota di Indonesia termasuk Ibu kota dalam menangani pandemi virus corona atau Covid-19.

Sikap yang diambil pemerintah yaitu meliburkan seluruh kegiatan sekolah, work frok home bagi aparatur sipil negara dan swasta, serta mengimbau pola hidup sehat.

Presiden Jokowi mengungkapkan alasan mengapa pemerintah tidak memutuskan untuk melakukan lockdown seperti yang dilakukan oleh sejumlah negara lain untuk menekan penyebaran virus corona.

Menurut Jokowi, setiap negara mempunyai budaya dan karakter masyarakat masing-masing. Kebijakan lockdown dinilai belum cocok ditetapkan untuk Indonesia.

"Setiap negara memiliki karakter, budaya, dan tingkat kedisplinan yang berbeda-beda. Dengan pertimbangan itu, menghadapi Covid-19 ini, kita tidak memilih jalan lockdown. Di negara kita, yang paling tepat adalah physical distancing -- meminta setiap warga menjaga jarak aman," tulis Jokowi di akun twitternya, Selasa (24/3/2020).

Sebelumnya hingga Selasa pukul 12.00 WIB, jumlah WNI yang positif corona berjumlah 686 orang. 55 orang dinyatakan meninggal dan 30 orang berhasil sembuh. [gam]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA