Alasan Jokowi Tak Lockdown Seperti Negara Lain

IN
Oleh inilahcom
Rabu 25 Maret 2020
share
(inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Meski ditengah merebaknya virus corona pemerintah Indonesia tetap tak melakukan karantina wilayah atau lockdown seperti negara-negara lain.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas bertajuk "Pengarahan Presiden kepada Para Gubernur Menghadapi Pandemik Covid-19" lewat konferensi video bersama dengan Wakil Presiden,Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju dan 34 gubernur se-Indonesia.


"Kemudian kenapa ada yang bertanya kenapa kebijakanlockdowntidak kita lakukan, perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter, budaya, kedisplinan yang berbeda-beda, oleh itu kita tidak memilih jalan itu," ujar Presiden Jokowi, Selasa (24/3/2020).

Presiden Jokowi mengakui sudah memmpelajari serta memiliki analisis-analisis dari semua negara terkait lockdown, sehingga tepat diterapkan di Indonesia adalah menjaga jarak fisik antar indivisu masyarakat atau physical distancing.

"Saya memiliki semuanya, kebijakannya seperti apa semua dari Kementerian Luar Negeri, dari duta besar-duta besar yang ada terus kita pantau setiap hari. Jadi yang paling pas di negara kitaphysical distancingmenjaga jarak aman. Kalau hal itu bisa kita lakukan, saya yakin kita bisa mencegah penyebaran COVID-19 ini," tuturnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA