Terapkan 'Physical Distancing'

Polres Jember Tutup Sejumlah Jalan ke Alun-alun

HC
Oleh Happy CH Karundeng
Minggu 29 Maret 2020
share
Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono - (Istimewa)

INILAHCOM, Jember - Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono mengatakan pihaknya bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah terus menggalakkan kawasan tertib physical distancing atau jaga jarak secara fisik di sejumlah ruas jalan dan pusat keramaian untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) seiring dengan penetapan status kejadian luar biasa (KLB) di kabupaten setempat.

"Ya kami tadi melaksanakan Launching Penutupan kawasan tertib Physical Distancing bebas dari segala aktifitas orang dan kendaraan dalam rangka memutus Penyebaran Virus COVID 19 di Jember," katanya, Sabtu (28/3/2020).

Aries menjelaskan, penerapan physical distancing dilakukan di beberapa titik di Kabupaten Jember. Instansi terkait akan melakukan penutupan di beberapa titik menuju alun-alun Jember yang menjadi pusat keramaian.

"Beberapa jalur yang ditutup di antaranya Jalan Sultan Agung, Jalan PB Sudirman, Jalan Kartini, dan Jalan Wijaya Kusuma dengan penutupan pada waktu-waktu tertentu yakni pada Sabtu akan ditutup sejak pukul 17.00 hingga 00.00 WIB dan pada Minggu akan ditutup sejak pukul 05.00 hingga 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan pada pukul 15.00 sampai 21.00 WIB," paparnya.

"Ada juga empat titik daerah percontohan yang menerapkan physical distancing di Jember yang tersebar di Kecamatan Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang," sambung mantan Kapolres Brebes, Polda Jawa Tengah ini.

Ia menjelaskan, kebijakan ini sudah mulai disosialisasikan di sejumlah titik di Jember. Salah satunya saat Forkopimda Kab. Jember meninjau ke pasar Tanjung. Warga sekitar diberikan himbauan terlebih untuk pedagang di pasar agar tetap menerapkan physical Distancing (jaga jarak secara fisik) untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19). lokasi yang diberlakukan sebagai kawasan tertib physical distancing di wilayah hukum Polres Jember.

"Di sana diinformasikan juga soal penutupan batas waktu bagi para pedagang di pasar Tanjung dan memberikan sembako, untuk pembatasan waktu operasi pasar Tanjung oleh disperidag, Jember. Pasar buka pukul 04;00 hingga 07.00 WIB. Dan buka pukul 16:00 hingga tutup pukul 19.00 WIB," tandasnya. [hpy]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA