Pesawat Medis Lionair Meledak di Filipina, 8 Tewas

IN
Oleh inilahcom
Senin 30 Maret 2020
share
 

INILAHCOM, Manila - Sebuah pesawat evakuasi medis terbakar saat lepas landas di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina, pada Minggu malam (29/3/2020), menewaskan seluruh penumpang dan awak yang berjumlah delapan orang, termasuk seorang warga negara AS dan seorang warga negara Kanada.

Pesawat milik maskapai layanan carter dan terdaftar di Filipina, Lionair Inc, tersebut akan menuju Bandara Internasional Haneda, Jepang, tetapi meledak di ujung landasan pacu bandara sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Otoritas Bandara Internasional Ninoy Aquino melalui penasihatnya telah mengonfirmasi kecelakaan itu yang terjadi di ujung landasan pacu bandara 24.

"Segera setelah insiden itu, tim pemadam kebakaran dan penyelamatan dikirim ke lokasi untuk memadamkan api dengan busa kimia. Sayangnya, tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan itu," kata pihak otoritas bandara dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters.

Dalam sebuah rekaman video menunjukkan gumpalan asap membumbung di langit malam ketika kru pemadam kebakaran menyiram badan pesawat dengan busa kimia.

Pesawat jenis twin-jet Westwind II dengan nomor penerbangan RPC-5880 itu diketahui membawa tiga personel medis, tiga awak pesawat serta satu orang pasien bersama rekannya, ujar senator yang juga Ketua Palang Merah Filipina Richard Gordon melalui akun Twitter-nya.

Menurut situs Lionair, Westwind II dapat menampung tujuh penumpang di kursi eksekutif. Ini juga dapat dikonfigurasikan sebagai ambulans udara, dengan ruang untuk pasien, dua atau tiga anggota tim medis, dan satu atau dua kerabat.

Tak Ada Kaitan dengan Lion Air Indonesia

Kecelakaan pesawat di Filipina itu tak ada kaitannya dengan Lion Air Group, maskapai penerbangan asal Indonesia. Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, tidak benar jika pesawat Lion Air yang berbasis di Indonesia ini mengalami kecelakaan di Filipina.

"Mengenai screenshoot (tweet) atau informasi lain tentang kecelakaan, jika dipertanyakan ke Lion Air Group (base di Indonesia) adalah tidak benar," ujar Danang.

"Lion Air Group belum beroperasi di MNL (Manila)" lanjutnya.

Dia pun menjelaskan, di Filipina memang ada maskapai penerbangan bernama Lionair. Namun, Danang menegaskan perusahaan itu tak berkaitan dengan Lion Air Indonesia. [ikh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA